Otomotif

TERAPKAN METODE PEMBUATAN RANGKA PERTAMA DI DUNIA

-

OTOMOTIF diundang melakukan factory visit ke Plant 3 milik pt Astra Honda Motor (Ahm) cikarang, Jabar (10/9). Kegiatan ini untuk melihat proses pembuatan rangka ESAF

( enhanced Smart Architectu­re Frame) Honda Genio. Sasis ini menggunaka­n sheet metal atau lembaran baja bukannya pipa besi seperti yang ada pada Honda BEAT.

Dengan demikian secara bobot akan lebih ringan dan rigid. Efeknya, membuat handling menjadi lebih lincah dan stabil. Sebagai gambaran rangka ESAF Genio beratnya hanya 11 kg sedangkan BEAT 13 kg.

Pembuatan rangka ESAF menggunaka­n teknologi press dan laser welding. Baru AHM yang mengadopsi metode ini di antara Honda Global alias pertama kali di dunia. Sasis ini menjamin tingkat presisi dan akurat sehingga tidak ada deformasi saat proses pengelasan.

Pelat baja setebal 1,4 mm yang sudah dipotong-potong akan masuk ke mesin press dengan kekuatan 1200 ton yang akan membentuk dua tipe rangka, outer dan inner. Setiap empat detik akan keluar rangka yang diinginkan.

Proses selanjutny­a, kedua pelat baja tersebut digabung menjadi satu melalui proses laser welding. Setiap station laser welding ada seorang operator bekerja. Dari dua buah pelat tersebut akan menjadi satu bagian sasis.

Secara total ada enam bagian, seperti sasis kanan-kiri, bawah, dan komstir yang akan digabung menjadi satu frame utuh. setiap line akan menghasilk­an satu buah sasis utuh dalam waktu 22 detik. Di Plant 3 yang khusus membuat sasis ESAF terdapat dua line produksi.

Ketika disinggung apakah sasis model ini kan digunakan pada line up lainnya, mereka mengatakan baru akan fokus di Genio karena itu merupakan sesuatu yang baru, begitu pula dengan metode laser welding.

“Laser welding hal yang baru jadi kita ingin menguasai dulu teknologin­ya, jangan sampai kalau sudah diaplikasi­kan ke semuanya lalu ada kerusakan jadi berhenti produksiny­a,” ujar Dodi sutriadi, General Manager AHM Plant 3 Cikarang

Di tempat ini mampu memproduks­i 9.700 unit skutik per hari. Produksiny­a didukung dua pabrik, Plant 3 Timur dan Barat. Pabrik ini memproduks­i seluruh line up skutik Honda kecuali Vario 150 yang dibuat di Karawang serta PCX dan ADV 150 yang diproduksi di Sunter. ●

 ?? RANGGA ??
RANGGA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia