Otomotif

EFEK AIR AC KE RADIATOR

-

Halo bung OTO, saya mau nanya. Radiator mobil diisi air AC apa efek positif dan negatifnya dan juga jangka panjangnya. Baik di mesin hingga akselerasi dan tenaganya? Dan yang tepat pakai apa bung OTO?

Dan ada saran dari saya untuk OTOMOTIF untuk ulas komparasi antara Honda All New Accord dan Toyota All New Camry. Trims. Adam Farrel – Bandar Lampung, Lampung

Halo Adam. Menurut hasil pengujian yang pernah kami lakukan pada beberapa macam cairan yang bisa digunakan untuk radiator, pemakaian air suling AC untuk radiator memang sedikit lebih baik ketimbang pakai air keran.

Namun dalam jangka panjang, air suling AC juga bisa menyebabka­n korosi pada bahan logam yang yang ada di saluran radiator. Malah pengujian yang kami lakukan itu hanya dalam waktu 7 hari loh, tapi air sulingan AC ini sudah menyebabka­n paku yang direndam di dalamnya mulai berkarat.

Berbeda ketika menggunaka­n radiator coolant, paku sama sekali tidak berkarat. Hal ini karena dalam kandungan radiator coolant, terdapat aditif antikarat yang dapat melindungi logam dari korosi. Jadi, saran kami sebaiknya gunakan radiator coolant untuk pendingina­n mesin mobil Anda dan menjaga keawetan komponen dalam sistem pendinginn­ya.

Bila sistem pendingina­n selalu terjaga kinerjanya dalam waktu lama, tentu kerja mesin juga akan lebih optimal dalam jangka pajang.

Untuk komparasi kedua sedan model terbaru tersebut sabar ya. Kami siapkan dahulu unit tesnya. Terima kasih masukannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia