Otomotif

SAMBANGI TITIK NOL SAPE

-

Selama ini, turing motor yang banyak terekspos hanya seputar Jawa, Sumatera atau Bali saja. Tapi sebenarnya daerah lain juga menyimpan potensi yang menggiurka­n. Contohnya, perjalanan dari Bali ke Sape di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Perjalanan ini penuh dengan petualanga­n. Cocok bagi biker yang senang turing jauh dan ada ‘drama’ dalam perjalanan. Tergoda? OTOMOTIF menjalanin­ya lebih dulu. Bisa untuk gambaran dan persiapan biker yang ingin menjalani.

SURGA

Bersama dengan 70 biker Kawasaki lainnya dari daerah Surabaya, Bali dan Lombok, OTOMOTIF menjalani rute yang sangat menggoda. Ini untuk menjawab tantangan dari PT Duta Intika sebagai main dealer Kawasaki di wilayah Bali dan NTB ketika melakukan pembukaan dealer di Bima, NTB.

Menggunaka­n Kawasaki Z250, turing sejauh lebih dari 600 kilometer ini harus dua kali menyeberan­g laut. Karena perjalanan yang jauh, tentu persiapan dan rencana harus dipersiapk­an dengan sangat matang.

Seperti perjalanan dari Denpasar, Bali justru dimulai sekitar pukul 23.00 untuk menuju Padang Bai, pelabuhan yang pertama kali disinggahi. Tentu ada maksudnya dengan waktu keberangka­tan ini.

“Perjalanan ke Padang Bai memang hanya satu jam. Tapi penyeberan­gannya ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat bisa 4-5 jam, bergantung ombak. Ini untuk menghindar­i rasa bosan di kapal. Jadi, di kapal bisa langsung istirahat. Bangun langsung gas pol lagi,” jelas Christian, Koordinato­r acara.

Ketika di kapal ini, motor redaksi mengalami kerusakan kecil di sekitar tangki bensin. Motor sudah diikat dengan tali ( tie down) supaya tidak bergerak atau jatuh, apesnya motor yang ada di sebelah justru tidak diikat. Jadilah stangnya membentur tangki. Apessss!!!

Kelar bersandar di Pelabuhan Lembar, rombongan bergerak menuju Kota Mataram. Setelah sempat istirahat dan sarapan, bergerak lagi ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Perjalanan ini memakan waktu selama satu setengah jam. Dilanjutka­n dengan penyebrang­an menuju Pelabuhan Pototano dengan waktu sekitar satu setengah jam juga.

Setelah sampai di Pelabuhan Pototano, pertarunga­n menuju Bima dimulai. Sebab turing ini menempuh jarak sekitar 400 kilometer. Sepanjang jalur masih sangat jarang SPBU yang menjual bahan bakar Pertamax. Padahal motor yang dipakai membutuhka­n Pertamax sebagai ‘minumannya’. Tidak ada jalan lain, ketika memasuki Sumbawa, tangki bensin harus diisi penuh.

Selain jarak yang jauh, masih ada lagi kendala yang harus dihadapi. Jalan yang mulus dan lurus bisa membuai biker untuk buka gas lebih besar. Ini sangat berbahaya karena tingkat waspada bisa berkurang. Bukan karena kondisi jalan yang menjebak, tapi hewan ternah masih sering berkeliara­n.

Perjalanan dari Pototano untuk mencapai Bima ditempuh sekitar enam jam. Bagi penggemar cornering, bisa jadi surganya. Karena selama perjalanan akan disuguhi pemandanga­n yang sangat mempesona, dan juga jalan yang berkelok dengan permukaan halus.

Turing belum selesai. Karena dari Bima, motor diarahkan ke titik terakhir. Yakni titik nol Sape, Bima, NTB. Perjalanan sejauh 60 km ini bisa ditempuh sekitar satu jam.

Bagaimana, tertarik turing sesuai jalur yang OTOMOTIF lewati? Siapkan motor dan mental. •

 ?? FOTO: KETUT ??
FOTO: KETUT
 ??  ?? Pemandanga­n dan alam mendukung untuk turing jarak jauh
Pemandanga­n dan alam mendukung untuk turing jarak jauh
 ??  ?? Sepanjang perjalanan akan sangat mudah ditemui jalur yang membuai biker untuk buka gas
Sepanjang perjalanan akan sangat mudah ditemui jalur yang membuai biker untuk buka gas
 ??  ?? Turing menuju Bima bersama 70 biker
Turing menuju Bima bersama 70 biker

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia