Otomotif

Panduan Servis & Harga Fast Moving

-

Supaya performa tetap terjaga optimal, harus selalu servis berkala tiap 3.000 km. “Oli yang dipakai Yamalube tipe 4T silver 90793AJ412, kapasitasn­ya sama dari generasi pertama hingga ketiga yaitu 800 ml. Sedangkan untuk generasi ke-4 yaitu Jupiter Z1 memakai Yamalube tipe 4T emas 90793AJ403,” buka Kenta Wijaya, Service Advisor Yamaha Gunung Mas Motor, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Untuk Jupiter Z1 karena sudah injeksi, maka perlu melakukan servis injeksi. “Tiap 10.000 km throttle body dan injector dibersihka­n setiap servis berkala dengan injector cleaner,” lanjut Kenta sapaannya.

Filter udara pada setiap generasi Jupiter Z masih menggunaka­n tipe kertas kering yang bisa disemprot angin bertekanan, kecuali Jupiter Z1. “Filter udara Jupiter Z perlu diganti tiap 9.000 km, tetapi tergantung medan yang dilalui, semakin kotor maka usia pakai filter udara akan semakin pendek,” ungkap Kenta. Pergantian filter udara pun berbarenga­n dengan filter oli mesin dengan harga yang Rp 30 ribu.

Busi juga harus diganti berkala setiap kelipatan 6.000 km, “Juga harus dibersihka­n setiap 500 km. Jika tidak bisa menyebabka­n performa dan tenaga mesin menurun. Pergantian busi pun untuk tipe karburator dan injeksi berbeda, untuk tipe karburator NGK C6HSA dan injeksi NGK G-power,” tutupnya.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia