Otomotif

PAKAI UANG ELEKTRONIK

-

SPLU saat ini masih pakai metode prabayar dengan membeli token listrik. Nantinya PLN Disjaya akan pakai sistem NFC ( Near Field Communicat­ion) yang mengadosi uang elektronik. “Jadi nanti tinggal tapping layaknya tol. Kita sedang godok, tujuannya adalah cashless,” papar Leo M. Basuki, Manajer Niaga dan Planner Pelanggan PLN Disjaya.

Nah pertanyaan­nya, bagaimana jika kebutuhan listrik yang dipakai tidak habis, apakah bisa dikembalik­an sisa saldonya? “Bisa dikembalik­an sisanya. Nanti akan ada kode khusus untuk menarik kembali sisa listrik yang belum terpakai,” sambung Leo. •

PENEGAKKAN HUKUM HARUS TEGAS

Diharapkan melalui aturan ini bisa efektif dan konsisten. “Efektif atau tidaknya aturan tidak bisa hanya di kira-kira. Harus diterapkan dengan law enforcemen­t (penegakkan hukum) kalau tidak pas direvisi. Kecuali mau seperti di hutan bebas tidak perlu aturan. Harus dikawal dan gubernur sebagai kepala daerah harus tegas. Tidak ada negara di dunia yang maju dengan law enforcemen­t seadanya,” bilang Agus Pambagio, Pengamat Kebijakkan Publik.

Masih menurutnya, bagi pengguna jalan juga positif, karena haknya menggunaka­n jalan yang lebih lancar terpenuhi. Tapi dari sisi konsumen pemilik kendaraan negatif karena hak dia parkir hilang.

Keduanya membayar pajak jadi haknya harus diakomodir. Idealnya untuk atasi kemacetan, bangun angkutan umum yang baik dan memadai, kemudian melakukan pembatasan-pembatasan seperti pajak kendaraan naik tinggi, parkir Rp 100 ribu per jam, dilarang parkir on street yang padat arus, ERP ( Electronic Road Pricing) dan sebagainya,” bebernya lagi.

Seperti yang sering diulas OTOMOTIF, bahwa Pola Transporta­si Makro (PTM) yang terintegra­si jadi solusi ampuh. “Mengingat kepadatan jalan di Jakarta sudah sangat tinggi, daya dukung lahan sudah terbatas. Maka perlu dikebut pembanguna­n sarana transporta­si publik yang memadai,” ungkap Teddy Lesmana, Pengamat Ekonomi dan Kebijakan Publik LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahua­n Indonesia).

Teddy menyoroti aturan ini juga berpotensi punya dampak terhadap penjualan mobil. “Kalau dilihat akan berpengaru­h terhadap penjualan mobil. Tapi memang jumlahnya belum diketahui. Tapi saya pikir aturan ini mutlak dibarengi dengan sarana transporta­si publik,” lanjut Teddy. • Harryt

 ??  ??
 ??  ?? M. Ikhsan Asaad GM PLN Disjaya kita akan buat SPLU lengkap dengan kafe, free wifi, ruang tunggu AC dan sebagainya
M. Ikhsan Asaad GM PLN Disjaya kita akan buat SPLU lengkap dengan kafe, free wifi, ruang tunggu AC dan sebagainya
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia