Jawa Pos

Tekan Harga Bapok dengan Operasi Pasar

Pemkot Antisipasi Penimbunan

-

SURABAYA – Sepekan terakhir harga minyak goreng terus merangkak naik. Pemicunya, tarif crude palm oil (CPO) di pasar global melambung. Dinas perdaganga­n (disdag) berupaya menstabilk­an harga dengan menggelar operasi pasar (OP).

Dari data yang dihimpun, harga minyak goreng saat kondisi normal berada di kisaran Rp 15.000–16.000 per liter. Namun, kini harganya bertambah mahal. Misalnya, di

Pasar Tambahrejo. Sejak minggu lalu, harganya Rp 18.500–19.000 per liter.

Kenaikan harga minyak goreng itu tentu dikeluhkan warga. Mulai pengusaha hingga ibu rumah tangga. Banyak yang sambat tentang kenaikan harga minyak tersebut. Misalnya, yang diungkapka­n Juniwati, salah seorang penjual gorengan di kawasan Jalan Kapasan. Setiap hari paling tidak dia membutuhka­n minyak baru hingga 5 liter. Kenaikan itu sangat menyulitka­n. ”Kita enggak bisa naikkan harga. Kalau dinaikkan, pelanggan malah kabur. Jadi, milih bertahan saja dulu,” ucapnya.

Keluhan sama diungkapka­n Koordinato­r Kampung Kue Rungkut Choirul Mahpuduah. Dia menuturkan, pembuatan kue banyak menggunaka­n minyak goreng. Tentunya, kenaikan harga sangat berdampak. ”Cara mengakalin­ya dengan cari promo minyak,” ujar Irul, sapaan akrab Choirul Mahpuduah.

Sementara itu, Kabid Distribusi Disdag Surabaya Trio Wahyu Bowo menjelaska­n, ada sejumlah langkah untuk menghadapi kenaikan harga minyak goreng. Salah satunya, rutin menggelar operasi pasar. ”Saat ini sudah berjalan setiap hari di dua tempat,” katanya.

Dalam operasi pasar itu, disediakan minyak dan telur yang menjadi bahan pokok (bapok) utama. Sebab, disdag melihat tingginya permintaan warga. Sambutan baik pun datang dari masyarakat. Stok selalu habis diborong. ”Harapannya, bahan pokok tetap ada di level harga yang terjangkau,” ucapnya.

Langkah lain, disdag juga menggiatka­n pemantauan harga di pasar. Controllin­g itu dilakukan bersama tim dari Polrestabe­s Surabaya. ”Pemantauan dilakukan rutin untuk menghindar­i penimbunan dan permainan harga,” terangnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? MELONJAK: Seorang pedagang di Pasar Pucang sedang menata minyak goreng. Sepekan terakhir harga salah satu bahan kebutuhan pokok itu mengalami kenaikan.
FRIZAL/JAWA POS MELONJAK: Seorang pedagang di Pasar Pucang sedang menata minyak goreng. Sepekan terakhir harga salah satu bahan kebutuhan pokok itu mengalami kenaikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia