Jawa Pos

Sepekan, Nihil Pemakaman Pasien Covid-19

-

SURABAYA – Suasana TPU Keputih kali ini jauh berbeda. Kemarin (12/10) dipastikan tidak ada pemakaman sesuai protokol kesehatan. Hanya beberapa warga yang tengah melakukan ziarah serta beberapa aktivitas petugas yang melakukan pembersiha­n dan perawatan di sekitar makam blok Covid-19.

Kepala UPTD Pemakaman DKRTH Surabaya Aswin Agung menyatakan, hampir tidak ada pemakaman dengan menggunaka­n protokol kesehatan selama sepekan ini. ’’Iya, sudah tidak ada. Tiga hari terakhir, tidak ada pemakaman dengan protokol kesehatan,’’ ujarnya kemarin (12/10).

Aswin menyatakan, meski tidak ada pemakaman yang menggunaka­n protokol kesehatan, aktivitas penataan dan perbaikan makam tetap dilakukan.

Terutama untuk blok pemakaman Covid-19. Sebagaiman­a kemarin, sejumlah alat berat sempat beraktivit­as di sisi utara dan selatan makam. ’’Iya, kami manfaatkan untuk penataan juga. Salah satunya, pembuatan saluran di blok Covid,’’ katanya.

Sebab, beberapa blok pemakaman Covid-19 belum memiliki saluran. Pembanguna­n saluran dilakukan dengan memasang U-ditch dari sisi utara hingga sisi selatan. Masingmasi­ng panjang blok pemakaman kurang lebih 80 meter.

Hal itu dilakukan agar air hujan tidak menggenang­i jalan menuju blok makam Covid. Sebab, saat hujan tiba, jalan tersebut berubah menjadi genangan air yang bercampur dengan lumpur. Tak hanya itu, pihaknya juga tengah mempersiap­kan satu blok pemakaman seluas 6.000 meter persegi di sisi selatan. ’’Intinya, tetap persiapan. Sebab, ada satu lahan yang sudah dibebaskan, tambak ini sedang diuruk,’’ jelasnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TERPELIHAR­A:
Warga berziarah di TPU Keputih. Saat ini sudah tidak ada pemakaman untuk pasien Covid-19.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TERPELIHAR­A: Warga berziarah di TPU Keputih. Saat ini sudah tidak ada pemakaman untuk pasien Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia