Jawa Pos

Jadwalkan Sepekan Selesaikan KUA-PPAS 2022

-

PEMBAHASAN anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2022 mulai digarap DPRD Kota Surabaya. Hari ini (30/9) kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2022 mulai dibahas. Targetnya, pekan depan disahkan.

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijon­o mengatakan, hal itu merupakan kesepakata­n yang diambil di rapat badan musyawarah (bamus). Jika tidak ada halangan, KUA-PPAS untuk

APBD 2022 akan disahkan pada 7 Oktober. ”Itu sesuai hasil rapat bamus tadi sore (kemarin, Red),” ujarnya kemarin (29/9).

Pejabat yang akrab disapa Awi itu mengatakan, KUA-PPAS berisi rancangan programpro­gram yang bakal menjadi prioritas tahun depan. Dewan, kata Awi, berharap agar pemulihan ekonomi dipriorita­skan. Dengan catatan, penanganan pandemi Covid-19 tetap diperhatik­an.

Karena itu, butuh kebijakan jangka panjang agar nanti masyarakat bisa hidup berdamping­an dengan Covid-19. Sebab, tidak ada pakar epidemiolo­gi yang bisa memprediks­i kapan pandemi ini berakhir. ”Maka, pemerintah selaku pengambil kebijakan harus menyiapkan­nya,” tuturnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, menurut rencana, APBD 2022 akan disahkan pada 10 November. Bertepatan dengan Hari Pahlawan. ”Setelah KUA-PPAS nanti disahkan, kita berharap pemerintah kota segera mengirimka­n dokumen APBD 2022 ke DPRD agar bisa diagendaka­n untuk pembahasan­nya,” jelasnya.

Awi menjelaska­n, KUA-PPAS akan dibahas dalam rapat badan anggaran (banggar) bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Dalam forum yang digelar tertutup tersebut, dewan akan memberikan saran dan masukan terkait prioritas pelaksanaa­n anggaran tahun depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia