Jawa Pos

Rayakan Kesembuhan lewat Ultah Ketujuh

Chilley Lolos dari Infeksi Kandungan

-

SURABAYA – Sore itu balon merah muda dan putih menghiasi setiap sudut ruang Kollektif. Senin (27/9) tersebut menjadi hari perayaan ulang tahun Chilley, red toy poodle milik Yeni Ekawati. Dengan warnawarna yang sangat feminin itu, Yeni mengungkap­kan bahwa tema perayaan ultah anabulnya kali ini adalah balerina.

Hal tersebut terlihat jelas dari gaun berwarna senada dengan balon-balon yang membalut Chilley. ’’Karena konsepnya balerina, jadi bajunya juga balerina. Rok tutu yang melar gitu,’’ terang Yeni saat ditemui di sela-sela acara.

Perayaan ulang tahun yang mengundang kurang lebih 20 anak bulu dan 40 pawrent itu dipersiapk­an Yeni sejak dua bulan lalu. ’’Sebenarnya, kami lebih enaknya bilang ini syukuran daripada pesta,’’ ungkapnya.

Sebab, perayaan besar-besaran itu memang baru kali pertama digelarnya selama ini. ’’Biasanya, hanya dirayakan bareng keluarga aja di rumah,’’ ceritanya. Yeni mengungkap­kan, syukuran dengan undangan besar itu digelar karena dirinya ingin bersyukur bahwa Chilley telah sehat kembali.

’’Kebetulan Desember lalu, Chilley ini sakit parah. Pyometra namanya,’’ ceritanya.

Penyakit infeksi kandungan yang membuat anjing kesayangan­nya itu pendarahan selama satu bulan. ’’Jadi, dia benar-benar kayak udah mau nggak ada waktu itu. Terus, tiap hari saya bisikin. Chilley sembuh ya, nanti pas ultah kita pesta,’’ tirunya soal bisikannya waktu itu. Setelah menjalani perawatan panjang yang akhirnya membuat rahimnya diangkat, Chilley pun survive dan kembali sehat. ’’Udah kayak mukjizat. Sekarang sehat banget dan gendut. Malah sampai harus dietdiet ini,’’ ujarnya, lantas tertawa. Dari situlah, akhirnya syukuran dengan mengundang teman-teman dan keluargany­a terlaksana. Meskipun, acara sempat tertunda sebulan karena angka positif yang meningkat beberapa waktu lalu. Namun, meski mengundang banyak orang, persiapan dan protokol kesehatan yang diterapkan­nya juga sangat ketat.

Mulai para pawrent harus sudah divaksin, lalu cuci tangan, hingga cek temperatur sebelum masuk ke venue. ’’Terus bukan hanya pawrent-nya. Anabulnya juga harus dicek. Mulai cek kutu, cek mata, hingga cek kuku. Pokoknya cek kesehatan gitu,’’ terangnya. Setelah selesai dengan pengecekan, para anabul akan diberi rapor kecil dan baru diperboleh­kan masuk. Dengan begitu, syukuran kesehatan untuk Chilley juga tetap aman dan nyaman.

 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia