Jawa Pos

Optimistis Bisa Bersaing Meraih Juara dengan Skuad Muda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda pernah mengatakan akan realistis di Liga 1 musim ini. Artinya, dia tidak mematok target juara seperti halnya pada Liga 1 2020. Targetnya sedikit diturunkan, yakni masuk ke papan atas.

Bukan karena tidak optimistis. Justru dia ingin mengedepan­kan akal sehat. Situasi korona yang belum mereda menjadi penyebab utamanya. ”Tapi, saya sangat senang dan gembira melihat rekrutmen pemain. Kami punya potensi yang baik,” ucapnya.

Potensi yang dimaksud adalah skuad Persebaya saat ini diisi mayoritas pemain muda. Bukan hanya lokal, melainkan juga empat pemain asing yang usianya di bawah 30 tahun. ”Potensinya tidak hanya tahun ini. Kalau setahun, percuma. Di situasi pandemi ini, kami sedikit melakukan revisi soal planning ke depan. Tapi, untuk papan atas, kami sangat percaya diri,” tegasnya.

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso sependapat. Tapi, jika ditanya harapan pribadi, tentu dia ingin membawa Green Force juara musim ini. ”Sebagai pelatih, tentu saya ingin tim ini berprestas­i,” ujarnya.

Apakah sulit? Pasti. Dengan mayoritas pemain muda, Aji harus bisa menyuntikk­an mental juara kepada para pemain. Menularkan pengalaman yang dimilikiny­a ketika mempersemb­ahkan gelar juara kepada Persebaya di musim 1997–1998. Keinginan Aji untuk memberikan mental juara itu dipermudah dengan kembalinya Persebaya berlatih di Stadion Gelora 10 November, Surabaya. Stadion yang bersejarah bagi tim kebanggaan arek Suroboyo itu. Stadion yang sudah memberikan banyak prestasi bagi Persebaya. Walau mayoritas pemain masih muda, Aji tetap optimistis. Potensi yang dimiliki skuadnya luar biasa. Nama-nama berstatus pemain timnas seperti Rizky Ridho, Rachmat Irianto, hingga Supriadi bisa diandalkan meski usianya masih muda. Juga calon bintang mulai Akbar Firmansyah hingga Dicky Kurniawan yang ditopang para pemain senior seperti SamsulArif­danRendiIr­wan.Persebaya tetap menakutkan di Liga 1 nanti.

Pemain asing Persebaya asal Jepang Taisei Marukawa yang penampilan­nya menjanjika­n dalam laga uji coba menegaskan bakal memberikan yang terbaik bagi Persebaya. Sebagai pemain baru, dia punya target pribadi bersama Persebaya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SPIRIT BARU: Skuad Persebaya Surabaya sebelum uji coba melawan Persela Lamongan.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SPIRIT BARU: Skuad Persebaya Surabaya sebelum uji coba melawan Persela Lamongan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia