Jawa Pos

Satu Warga Ajak Dua Lansia untuk Divaksin

-

SURABAYA, Jawa Pos – Baru setengah dari total 253 ribu lansia yang divaksin di Surabaya. Pemkot Surabaya pun berupaya mempercepa­t vaksinasi itu dengan berbagai cara. Selain vaksinasi door-to-door atau dari rumah ke rumah, kini pemkot mengajak warga menjadi relawan. Tugasnya mendamping­i serta mengantar lansia mengikuti imunisasi.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhit­ya Prajatara menjelaska­n, program itu bernama satu pendamping dua lansia. Warga yang hendak turut serta menjadi relawan diminta mencari dua lansia yang belum disuntik vaksin. Setelah mendapatka­n sasaran, lansia itu segera didaftarka­n sebagai calon penerima vaksin.

Tahapan selanjutny­a, warga itu mengantar dua lansia tersebut ke puskesmas terdekat untuk menjalani imunisasi. Nah, sebagai imbalan, relawan itu juga diberi vaksin. ’’Warga yang ingin cepat mendapatka­n vaksin bisa mengikuti program satu pendamping dua lansia,’’ paparnya.

Capaian suntik vaksin lansia baru 65 persen. Ada 80 ribu lansia yang belum mendapatka­n vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya Febria Rachmanita menuturkan, puskesmas juga mengupayak­an berbagai cara agar lansia mau divaksin. Bahkan, ada yang sampai antar jemput dengan odong-odong menuju puskesmas dan rumah sakit terdekat. ’’Sehingga lansia tidak kesulitan ketika hendak vaksin,’’ papar Feny, sapaan akrab Febria Rachmanita.

Pemkot juga memberikan perhatian untuk guru yang belum divaksin. Dari data pemkot, 8.950 guru SMA belum divaksin. Feny mengatakan, percepatan imunisasi bagi guru harus dilakukan. Sebab, pada pertengaha­n tahun ini, pembelajar­an tatap muka bakal dimulai. Siswa dan guru kembali belajar di dalam kelas. Dengan vaksinasi, harapannya tidak muncul klaster sekolah. ’’Semoga tuntas dengan cepat,’’ ujar Feny.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? WARGA SENIOR: Vaksinator di RSUD dr M. Soewandhie sedang menyuntikk­an vaksin kepada lansia.
FRIZAL/JAWA POS WARGA SENIOR: Vaksinator di RSUD dr M. Soewandhie sedang menyuntikk­an vaksin kepada lansia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia