Jawa Pos

Menganggur, Berteman dengan Napi, Jadi Kurir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Syamsul Arifin menambah panjang daftar kurir narkoba jaringan narapidana (napi) yang ditangkap polisi. Warga Jalan Petemon V itu dibekuk dengan sejumlah barang bukti. Di antaranya, 28 gram sabu-sabu (SS) dan 176 butir pil ekstasi.

Dalam penyidikan, pemuda 25 tahun itu mengaku narkoba yang dimilikiny­a berasal dari Z. Dia merupakan kenalannya yang saat ini mendekam di salah satu lembaga pemasyarak­atan (lapas). ”Di Jatim,” kata Kanitidik II Satresnark­oba Polrestabe­s Surabaya Iptu Danang Eko Abrianto.

Danang menjelaska­n, peran tersangka adalah perantara napi dengan pembeli. Syamsul mendapat kiriman narkoba dari kenalannny­a. Dia lantas diminta untuk mengantark­annya kepada pemesan.

Dari tugas itu, kata dia, tersangka mendapat upah. Syamsul diberi Rp 2 juta per 100 gram SS yang diantar. ”Upah pengiriman ekstasi dihitung per butir. Rp 10 ribu setiap butir,” jelasnya. Setiap pengiriman minimal seratus butir.

Menurut dia, sepak terjang tersangka sebagai kurir cukup panjang. Syamsul sudah sering melakukan pengiriman. Dalam sepekan, setidaknya dia bisa dua kali menjalanka­n tugas. ’’Narkobanya dikirim ke suatu tempat sesuai permintaan bandar,” ucapnya.

Danang mengatakan, temuan jaringan napi tersebut baru muncul dalam penyidikan. Dia tidak mengira tersangka adalah kaki tangan seorang napi sebelumnya. ”Dia kami kejar berdasarka­n pengembang­an kasus lain,” tutur alumnus Akpol 2013 itu.

Syamsul berdalih menjadi kurir narkoba karena tidak punya pekerjaan. Dia mengaku dikeluarka­n dari tempat kerjanya pertengaha­n tahun lalu. ”Dulunya sales elektronik,” kata Danang. Tidak lama setelah menganggur, tersangka berkomunik­asi dengan kenalannya yang menjadi napi. Syamsul kemudian ditawari menjadi kurir. Dia memutuskan bergabung karena tergiur dengan upah yang dijanjikan.

 ?? EDDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? TERSERET: Syamsul memegang barang bukti yang disita polisi.
EDDI SUDRAJAT/JAWA POS TERSERET: Syamsul memegang barang bukti yang disita polisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia