Jawa Pos

Sepuluh Tahun dan Bisa Lebih BAHRAIN PALING LAMA

-

Arab Saudi Lokasi: Jeddah Street Circuit Kontrak pertama: 2021 Durasi: 10 tahun Penyelengg­araan: 2021−2030

Bahrain Lokasi: Bahrain Internatio­nal Circuit Kontrak pertama: 2004 Durasi: Rahasia Penyelengg­araan: 2004−sekarang

Uni Emirat Arab Lokasi:

Yas Marina Circuit Kontrak pertama: 2009 Durasi: Rahasia Penyelengg­araan: 2009−sekarang

JEDDAH, Jawa Pos − Arab Saudi sudah dipastikan sebagai tuan rumah baru ajang Formula 1 mulai musim ini. Grand Prix Arab Saudi bergabung dengan dua grand prix lain di Timur Tengah yang lebih dulu menghelat balapan jet darat tersebut. Yakni, GP Bahrain dan GP Abu Dhabi. Edisi pertama berlangsun­g 5 Desember mendatang di sirkuit jalanan Kota Jeddah.

Ini merupakan bagian dari visi besar Arab Saudi 2030 yang digagas putra mahkota negara tersebut, yakni Pangeran Mohammed bin Salman. Mereka ingin mengurangi ketergantu­ngan negara dari bisnis minyak. Caranya dengan mulai banyak berinvesta­si di sektorsekt­or lain, termasuk entertainm­ent dan olahraga. Chloe Targett-Adams, head of

race promotion global F1, menyatakan bahwa kerja sama dengan Arab Saudi begitu penting untuk F1. Negara ini memiliki populasi penduduk muda yang besar. Sebanyak 70 persen dari 34 juta warga Arab Saudi berusia di bawah 30 tahun. Itu membuat F1 berpotensi mendapat banyak fans baru dari negara tersebut.

Apalagi, penduduk negara yang dipimpin Raja Salman ini dikenal punya ketertarik­an besar terhadap olahraga otomotif. Baik itu motorsport maupun autosport. Sebelum menggelar F1, Arab Saudi menjadi host ajang Formula E dan Reli Dakar.

Targett-Adams menambahka­n, makin banyak balapan F1 hadir di Timur Tengah, itu juga makin membuka peluang F1 mendekat dengan fans mereka di negaranega­ra Afrika bagian utara. ’’Mendapatka­n kesepakata­n dengan Arab saudi adalah fenomenal. Apalagi, itu terjadi di tengah situasi pandemi (Covid-19) seperti saat ini,’’ ucap Targett-Adams dilansir Motorsport.

Dia menyebut Arab Saudi sudah mengamanka­n jatah tuan rumah F1 untuk durasi 10 tahun mendatang. Dan, tidak menutup kemungkina­n diperpanja­ng lagi. Itu seperti Bahrain yang berhasil menggelar balapan F1 sejak 2004 hingga saat ini di Bahrain Internatio­nal Circuit, Sakhir.

Edisi perdana GP Arab Saudi akan dihelat di sirkuit jalanan Kota Jeddah. Lokasi trek yang diambil adalah jalanan di tepi Laut Merah dengan pemandanga­n pantai di kota terbesar kedua di negara tersebut.

Nantinya, lokasi balapan berpindah setelah Arab Saudi rampung membangun sirkuit baru di Qiddiyah. Rencananya, balapan F1 pindah ke lokasi anyar itu mulai edisi 2023.

 ?? BRYN LENNON/AFP ?? MUSIM 2021, akan ada tiga negara di kawasan Asia Barat yang jadi penyelengg­ara Formula 1. Inilah tiga negara itu dan durasinya. (irr/c17/dra)
MEGAH: Pesawat Etihad Boeing 787-9 ’’Dreamliner’’ melintas di atas Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada Desember lalu sebelum balapan dimulai.
BRYN LENNON/AFP MUSIM 2021, akan ada tiga negara di kawasan Asia Barat yang jadi penyelengg­ara Formula 1. Inilah tiga negara itu dan durasinya. (irr/c17/dra) MEGAH: Pesawat Etihad Boeing 787-9 ’’Dreamliner’’ melintas di atas Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada Desember lalu sebelum balapan dimulai.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia