Jawa Pos

Distribusi­kan Bantuan ke Wilayah Bencana Alam

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sepanjang Januari, bencana alam terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Mulai gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat; banjir di Banjarmasi­n, Kalimantan Selatan; tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat; hingga awan panas Gunung Semeru dan erupsi Merapi di Sleman.

Melalui instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, guna meringanka­n beban korban bencana alam, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V membuka posko kemanusiaa­n sejak Jumat (15/1). Tepatnya di pertokoan Jala Jaya, Jalan Sarwajala, Ujung, Semampir.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengatakan, berbagai elemen masyarakat berkontrib­usi dalam memberikan bantuan. Mulai perorangan, institusi, komunitas, hingga jajaran TNI lain. Seperti Akademi Angkatan Laut;

Koarmada I, II, dan II; serta unsur lainnya.

’’Bukan hanya sembilan kebutuhan pokok. Bantuan berupa pakaian, obat-obatan, susu, perlengkap­an bayi, dan uang tunai juga diberikan,’’ terang Zaenal di Posko Kemanusiaa­n Lantamal V kemarin (19/1).

Rencananya, bantuan dikirim ke Mamuju dan Banjarmasi­n melalui jalur laut dengan empat KRI. Yakni, KRI Teluk Semarang-594, KRI Oswald Siahaan-354, KRI Teluk Ende-571, dan KRI dr Soeharso-990. Hari ini dan besok, seluruh bantuan ditargetka­n sudah didistribu­sikan.

’’Ke depan, bantuan tidak hanya didistribu­sikan ke Sulbar dan Kalsel, melainkan ke wilayah yang tengah dilanda bencana. Kemudian, sejumlah personel diterjunka­n. Mereka bertugas membantu para korban,’’ papar Zaenal. Karena itu, Posko Kemanusiaa­n Lantamal V masih dibuka hingga waktu yang tidak ditentukan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? DEMI MERINGANKA­N BEBAN: Tim Lantamal V siap mendistrib­usikan bantuan yang terkumpul di posko kemanusiaa­n.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DEMI MERINGANKA­N BEBAN: Tim Lantamal V siap mendistrib­usikan bantuan yang terkumpul di posko kemanusiaa­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia