Jawa Pos

Satgas Pematusan: Arek-Arek Gak Onok Preine

-

SURABAYA, Jawa Pos − Sebanyak 52 rumah pompa di seluruh Surabaya dijaga petugas selama 24 jam. Mereka ditugaskan untuk memastikan kondisi filter saluran di rumah pompa itu tetap bersih. Sebab, percuma salurannya bersih, tetapi di hilir masih tersumbat.

Kepala Bidang Pematusan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Eko Juli menjelaska­n, saluran air dibersihka­n secara berkala dari hulu sampai hilir oleh satgas pematusan. Ada tiga jenis saluran yang tertanam di bawah tanah. Yakni, saluran primer, sekunder, dan tersier.

”Arek-arek gak onok preine.

Kita benar-benar memastikan tidak ada saluran yang macet,” ucap Eko kemarin.

Sebanyak 52 rumah pompa juga rutin dikontrol agar tetap berfungsi dengan baik. Khususnya bagian filter. Sebab, fungsinya sangat vital. ”Kalau filternya kotor, alamat air dari saluran balik. Jadi, memang harus rutin dibersihka­n,” katanya.

Secara terpisah, Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma mengapresi­asi strategi pemkot dalam mengantisi­pasi banjir. Agar lebih optimal, dia mengusulka­n adanya penambahan rumah pompa yang dibangun di boezem. ”Yang sekarang sudah ada. Tapi, fungsinya hanya mengalirka­n air ke arah laut,” katanya.

Masalahnya, ketika air laut pasang, air dari boezem sulit dialirkan. Karena itu, harus ada satu lagi rumah pompa di boezem. Secara teknis, William menjelaska­n fungsi dan pentingnya memiliki dua rumah pompa di boezem. Pertama, fungsinya menyedot air dari saluran. ”Nah, pagi sampai sore dikosongka­n. Dibuang ke arah laut. Karena air laut pasang ketika sore sampai malam,” terangnya.

Rumah pompa kedua berfungsi seperti biasa. Yakni, mengalirka­n air dari boezem ke laut. Sebab, satu rumah pompa tidak bisa menjalanka­n dua fungsi yang berbeda. ”Karena itu, perlu dibangun lagi di boezem-boezem. Ini program jangka panjang karena butuh waktu paling tidak satu tahun untuk membangun boezem. Jadi, bukan jangka pendek ini,” jelasanggo­taKomisiCD­PRDKota Surabaya itu.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? KONTROL RUTIN: Petugas satgas pematusan membersihk­an filter di rumah pompa di Jalan Greges. Pemkot memiliki 52 rumah pompa.
ADI WIJAYA/JAWA POS KONTROL RUTIN: Petugas satgas pematusan membersihk­an filter di rumah pompa di Jalan Greges. Pemkot memiliki 52 rumah pompa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia