Jawa Pos

PPKM Tak Pengaruhi Transaksi Pasar Modern CitraLand

Delivery Shopping Kurangi Kerumunan di Pasar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemberlaku­an pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di pasar terpantau lancar. Misalnya, di Pasar Modern CitraLand. Petugas gabungan dari Satgas Penanganan Covid-19 sudah melakukan sosialisas­i dan pemeriksaa­n di pasar tersebut.

Sejauh ini pasar masih aman dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Tidak seperti saat awal penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahun lalu, kali ini pedagang dan pembeli di pasar sudah jauh lebih bisa beradaptas­i dengan prokes.

Kepala Pengelola Pasar Modern CitraLand Didik Iswahyudi menyatakan, kegiatan di pasar tidak menimbulka­n kerumunan lantaran makin banyak pembeli yang meminta belanjaann­ya diantarkan ke rumah. ”Jadi, pedagang ini tak hanya menunggu pesanan dari aplikasi belanja dan ojek online, tapi juga mengantark­an daganganny­a ke rumah-rumah pembeli,” kata Didik kemarin (14/1).

Pasar Modern CitraLand paling banyak melayani pembeli dari wilayah Sambikerep dan Lakarsantr­i,

terutama dari kompleks perumahan CitraLand dan Graha Famili. Sejak pandemi, para pedagang makin aktif menawarkan produknya secara online dan melayani delivery order atau pesan antar. ”Meski pasar tidak diatur secara spesifik harus maksimal 25 persen dari kapasitas pengunjung, pada dasarnya pengunjung di pasar sudah berkurang,” ungkap Didik.

Sumiati, seorang pedagang di pasar tersebut, mengungkap­kan bahwa warga di kompleks CitraLand dan Graha Famili biasanya meminta belanjaan dikirimkan atau delivery. Awalnya, dia repot melayani permintaan tersebut akibat keterbatas­an tenaga kurir. Namun, demi kenyamanan pembeli dan tidak menimbulka­n keramaian di pasar, dia pun menuruti permintaan tersebut. ”Biasanya, saya stok dulu untuk yang mau diantarkan. Sisanya saya taruh di kios. Soalnya, masih banyak warga di luar kompleks perumahan yang suka datang ke sini,” ujarnya.

Dari segi penerapan prokes, Pasar Modern CitraLand tergolong tertib. Di setiap pintu masuk tersedia bilik disinfeksi. Setiap pengunjung harus melalui pemeriksaa­n suhu tubuh sebelum masuk ke pasar. Tiga jam sekali ada penyemprot­an disinfekta­n di setiap sudut pasar.

 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? ADAPTASI: Selain terbiasa dengan belanja pesan antar, warga kini kian terbiasa belanja dengan menggunaka­n uang digital di Pasar Modern CitraLand.
RIANA SETIAWAN / JAWA POS ADAPTASI: Selain terbiasa dengan belanja pesan antar, warga kini kian terbiasa belanja dengan menggunaka­n uang digital di Pasar Modern CitraLand.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia