Jawa Pos

RSPAL Miliki Gedung Penanganan Infeksi Terpadu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perbaikan layanan bagi pasien Covid-19 terus dilakukan. Salah satunya, menambah ruangan dan sarana kesehatan yang dibutuhkan. Kemarin (8/1) Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr Ramelan meresmikan Gedung Pinter, akronim dari penanganan infeksi terpadu.

Gedung baru tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Satuan Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Dia menjelaska­n bahwa gedung itu bakal difungsika­n khusus sebagai pusat perawatan pasien dengan penyakitpe­nyakit infeksius. Terutama saat ini virus korona yang menjadi momok utama.

”Gedung Pinter ini sebagai tempat perawatan terpadu. Misalnya, jika nanti ada pasien Covid-19 dengan penyakit bawaan yang harus dioperasi atau kondisinya sudah berat karena ada kombinasi penyakit lain, operasinya bisa dilakukan di situ,” terang dia.

Saat meninjau Gedung Pinter kemarin, Yudo menyatakan bahwa gedung anyar itu sudah siap dengan berbagai peralatan penunjang. ”Nakes juga sudah siap. Jadi, bisa beroperasi dalam waktu dekat,” katanya.

Selain itu, layanan kesehatan yang ditambahka­n untuk melengkapi Gedung Pinter adalah ruang khusus pemulasara­an jenazah infeksius dan ruang radiologi CT scan 640 slice. Gedung itu pun langsung terhubung dengan ruang-ruang isolasi. Jadi, area untuk penyakit-penyakit menular nanti bisa difokuskan pada satu zona merah.

Kepala Rumah Pusat Sakit Angkatan Laut dr Ramelan Laksamana Pertama TNI dr Radito Soesanto SpTHT-KL SpKL menuturkan, Gedung Pinter terwujud berkat dorongan kuat untuk memberikan proteksi kepada seluruh personel rumah sakit maupun pengunjung dari penularan penyakit infeksius.

”Gedung Pinter ini merupakan fasilitas kesehatan terpadu dalam satu atap yang memiliki unit gawat darurat (UGD), ruang bersalin, ruang intensif perawatan bayi, ruang operasi, ruang pemulihan, ruang X-ray, USG, dan CT scan. Diharapkan mampu memberikan layanan secara komprehens­if bagi pasien infeksius, terutama Covid-19,” paparnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DIRESMIKAN: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (tiga dari kanan) mengecek kesiapan sarana di Gedung Pinter kemarin. Foto kiri, Kukuh Widodo, staf Gedung Pinter RSPAL dr Ramelan, menunjukka­n brankar isolator untuk memindahka­n pasien Covid-19.
ANGGER BONDAN/JAWA POS DIRESMIKAN: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (tiga dari kanan) mengecek kesiapan sarana di Gedung Pinter kemarin. Foto kiri, Kukuh Widodo, staf Gedung Pinter RSPAL dr Ramelan, menunjukka­n brankar isolator untuk memindahka­n pasien Covid-19.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia