Jawa Pos

Face Painting Abstrak Latih Kepekaan MUA

-

SURABAYA, Jawa Pos – Make-up artist (MUA) sekaligus desainer kostum Fanny Gian Maya Sari menantang dirinya sendiri. Alias keluar dari zona nyaman. Lewat cara menjajal face painting abstrak. Dia mengaplika­sikan beragam warna dalam bentuk yang cenderung kurang beraturan.

”Aku menyebutny­a sebagai bagian dari make-up art. Mengeksplo­rasi warna-warna di muka. Jadi, wajah model aku anggap sebagai kanvas karya seni,” ujarnya. Dia mengatakan, cara tersebut cukup manjur untuk melatih skill sekaligus menggenjot kepekaan sebagai MUA. Karena mesti meleburkan rupa-rupa warna dalam satu bingkai wajah. ”Aku mengambil dan mencampur warnanya juga random. Nggak pakai dikonsep dulu sebelumnya. Tapi, tidak berarti penempatan warnanya ngawur begitu saja,” imbuh pemenang Best Costume Jember Fashion Carnaval (JFC) 2018 itu. Dalam face painting tersebut, Fanny menggunaka­n eye shadow padat, lipstik, dan juga cat khusus wajah.

Perpaduan warna yang multicolor terutama difokuskan pada area dahi, kelopak mata, bagian bawah mata, dan hidung. Menurut dia, face painting semacam itu tidak harus disesuaika­n dengan bentuk wajah. Alias tidak ada kriteria tipe dan bentuk wajah tertentu.

Sebab, dengan kombinasi kecerdikan sekaligus imajinasi sang MUA, bentuk wajah apa pun bakal pantas menjadi media face painting. ”Tantangann­ya lebih tinggi ketimbang face painting dengan karakter tertentu yang sudah terkonsep. Ternyata nggak semudah yang aku bayangkan. Nggak bisa asal gores warna karena wajah punya kontur. Padu padan warna juga diupayakan agar menghasilk­an tabrak warna yang sisi art-nya kental, tapi beautynya tetap dapat,” paparnya.

Melukis abstrak pada wajah sebagai kanvas seni seperti itu diakui Fanny menjadi pengalaman berbeda. Juga terasa sebagai sebuah refreshing di luar kebiasaan make-up konvension­al. Berhasil membuat lukisan abstrak di wajah model menerbitka­n kepuasan tersendiri baginya.

shadow

 ?? HARIS RYAN FOR JAWA POS ?? MIX: Wajah model terpulas face painting abstrak karya Fanny Gian Maya Sari. Dia meleburkan rupa-rupa warna dalam satu bingkai wajah.
HARIS RYAN FOR JAWA POS MIX: Wajah model terpulas face painting abstrak karya Fanny Gian Maya Sari. Dia meleburkan rupa-rupa warna dalam satu bingkai wajah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia