Jawa Pos

GP Australia Terancam Geser

-

MELBOURNE, Jawa Pos – Pemerintah Australia tetap menerapkan kontrol ketat karantina kedatangan dari luar negeri. Tindakan itu diambil terkait dengan masih masifnya persebaran Covid-19. Situasi tersebut langsung memunculka­n wacana untuk menggeser jadwal GP Australia pada akhir musim 2021. Sejatinya balapan di Sirkuit Albert Park itu dijadwalka­n pada 21 Maret mendatang.

”Diskusi antara penyelengg­ara GP Australia, pemerintah, dan manajemen

F1 terkait dengan kalender F1 pada 2021 sedang berlangsun­g,” kata juru bicara pemerintah Negara Bagian Victoria dilansir Eurosport. Beruntung, sampai saat ini, tiket GP Australia belum dilepas ke pasaran.

Tahun lalu GP Australia di Sirkuit Albert Park dijadwalka­n menjadi seri pembuka pada 15 Maret. Namun, beberapa jam menjelang latihan bebas pertama, otoritas terkait membatalka­n rencana tersebut. Sebab, salah seorang anggota tim McLaren dinyatakan positif Covid19. Selanjutny­a, GP Australia juga tidak masuk dalam kalender revisi selama musim 2020.

”Perincian lebih lanjut diberikan setelah finalisasi kesepakata­n dengan semua pihak dalam beberapa minggu mendatang,” sebut pernyataan resmi Australia Grand Prix Corporatio­n (AGPC).

Meski begitu, juru bicara F1 menyatakan bahwa kalender musim 2021 tetap bakal bergulir pada Maret. Namun, lokasi penyelengg­araan race belum diputuskan. Dalam kalender yang dirilis sebelumnya, ada dua seri yang siap berlangsun­g pada Maret. Yakni, GP Australia (21/3) dan GP Bahrain sepekan berikutnya. Legenda balap Australia Alan Jones mendukung gagasan supaya Australia menjadi seri pembuka F1 setiap tahun. Namun, dia menuturkan bahwa kesehatan masyarakat sudah seharusnya menjadi prioritas utama pemerintah Victoria. ”Di sisi lain, aku bisa memahami ketidaking­inan melakukan perjalanan ke sisi dunia dan dikarantin­a selama dua pekan. Itu menjadi pertanyaan besar,” katanya dilansir Fox Sports.

Menurut juara dunia musim 1980 tersebut, urusan logistik menjadi persoalan besar. Terutama ketika banyak pihak terkait yang sedang berfokus menangani pandemi Covid19. ”Tentu saja, jika kami tidak mendapatka­n seri pertama yang merupakan jadwal ideal, seri mana pun lebih baik daripada tidak sama sekali,” terangnya.

 ?? GLENN NICHOLLS/AFP PHOTO ?? HARUS STERIL: Suasana Sirkuit Albert Park, Melbourne, jelang latihan pertama GP Australia pada 13 Maret 2020.
GLENN NICHOLLS/AFP PHOTO HARUS STERIL: Suasana Sirkuit Albert Park, Melbourne, jelang latihan pertama GP Australia pada 13 Maret 2020.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia