Jawa Pos

Sidak, Temukan 1.700 E-KTP Belum Diambil

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono melakukan sidak ke kantor Kecamatan Waru kemarin (9/10). Dia ingin memastikan pelayanan di sana optimal. Pria asal Tanggulang­in itu mendapati 1.700 e-KTP di kantor Kecamatan Waru belum diambil pemohon.

Pihak kecamatan sebenarnya sudah berupaya mendistrib­usikan e-KTP ke tingkat desa. Namun, pihak desa mengembali­kannya lagi ke kecamatan. Alasannya, di alamat tempat tinggal yang tertera di e-KTP, tidak ada orang. Saat didatangi, rumah tersebut selalu kosong dan yang bersangkut­an tidak ada. Jika dirata-rata, dari 17 desa di Kecamatan Waru, ada 100 e-KTP yang belum diambil di setiap desa.

”Kami minta pihak kecamatan menyimpan e-KTP yang belum diambil pemohonnya dan jangan sampai hilang,” kata Hudiyono. Bagi dia, e-KTP ini penting sebagai identitas jati diri. Karena itulah, Hudiyono meminta e-KTP disimpan dengan baik.

Camat Waru Rudi Setiawan menyatakan, pihaknya sudah berkali-kali mengantark­an e-KTP tersebut melalui pemerintah desa. Namun, pihaknya belum bertemu langsung dengan pemohonnya. ”E-KTP ini harus diterima sendiri oleh pemohon dan tidak boleh diwakilkan karena menyangkut identitas pribadi,” terang Rudi.

Dia menjelaska­n, rata-rata e-KTP yang belum diambil pemohonnya dibuat saat perekaman masal beberapa waktu lalu. Pihaknya berkomitme­n menyimpann­ya dan terus berkoordin­asi dengan pemerintah desa agar pemohon bisa segera mengambil e-KTP ke kantor desa atau langsung ke kantor Kecamatan Waru.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Sidoarjo Reddy Kusuma menuturkan, pihak kecamatan segera mendistrib­usikan e-KTP ke RT, RW, dan desa. ”Biar masyarakat tahu bahwa e-KTP atau dokumen lainnya sudah selesai. Salah satunya harus diumumkan atau diantar via pos,” ujar Reddy.

Dia mengungkap­kan, barubaru ini ada program kecamatan ngartis (antar gratis) untuk dokumen dukcapil kecamatan, KK, dan KTP yang bekerja sama dengan Kantor Pos Sidoarjo. ”Itulah salah satu solusinya,” tandasnya.

 ?? FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? MENUMPUK: Hudiyono (kanan) bersama Rudi saat menunjukka­n e-KTP yang belum diambil di kantor Kecamatan Waru kemarin.
FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS MENUMPUK: Hudiyono (kanan) bersama Rudi saat menunjukka­n e-KTP yang belum diambil di kantor Kecamatan Waru kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia