Jawa Pos

Dua Pejabat Mendaftar, Seleksi Sekda Ditunda

Setelah Pansel Terima Surat Kemendagri

-

GRESIK, Jawa Pos – Seleksi jabatan Sekda definitif akhirnya kembali ditunda. Kebijakan itu diputuskan setelah panitia seleksi (pansel) mendapat surat dari Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri). Dalam surat bernomor 821/4400/OTDA itu, intinya seleksi jabatan Sekda ditunda sampai pelaksanaa­n pilkada selesai.

Selain itu, penundaan tersebut dimaksudka­n untuk menjamin stabilitas penyelengg­araan pilkada serentak 2020. Bukankah tahapan seleksi Sekda definitif Gresik sudah berjalan? ’’Sesuai surat dari Kemendagri, penundaan itu sampai pilkada selesai,’’ ucap Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Pemkab Gresik Nadlif kemarin.

Dengan demikian, tahapan seleksi Sekda definitif itu mungkin kembali dilanjutka­n setelah pilkada 9 Desember mendatang. Padahal, kemarin sebetulnya merupakan jadwal penutupan pendaftara­n untuk seleksi Sekda. Hingga kemarin, ada dua nama yang mendaftar jabatan eselon tertinggi di lingkungan pemkab tersebut.

Yakni, Kepala Satpol PP Abu Hasan dan Kepala Inspektora­t Edy Hadi Siswoyo.

Sebagaiman­a diberitaka­n sebelumnya, langkah Pemkab Gresik membuka tahapan seleksi Sekda definitif dinilai gegabah. Sebab, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, kepala daerah dilarang memutasi pejabat sejak enam bulan sebelum masa kepemimpin­an berakhir. Apalagi, posisi Sekda sampai sekarang masih menjadi persoalan. Sebab, perkara Andhy Hendro Wijaya, Sekda lama, masih memasuki proses hukum.

Sampai saat ini, proses hukum itu masih berlanjut. Andhy menggugat di pengadilan tata usaha negara (PTUN) terkait dengan SK bupati tentang pemberhent­ian sementara sebagai PNS. Selain itu, proses hukum Andhy masih memasuki tahap kasasi di Mahkamah Agung (MA) dan belum ada putusan.

Karena tahapan seleksi Sekda diputuskan untuk ditunda, jadwal yang sudah dibuat pansel akan disusun kembali. Padahal, jika tidak ditunda, mulai 12 Oktober nanti dua nama pendaftar Sekda tersebut memulai proses seleksi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia