Jawa Pos

TANTANGAN JUARA DUNIA

Tidak Khawatir sekalipun Tampil tanpa Neymar

-

SAO PAULO, Jawa Pos – Argentina membutuhka­n gol penalti Lionel Messi untuk mengalahka­n Ekuador kemarin (9/10). Uruguay juga meraih kemenangan atas Cile, salah satunya lewat andil gol Luis Suarez dari tendangan 12 pas. Kontribusi striker berpengala­man itu pula yang diharapkan Brasil kepada Neymar Jr.

Sayang, Neymar mungkin tidak bisa mengikuti mantan partnernya dalam trio MSN di FC Barcelona itu dalam matchday pertama kualifikas­i Piala Dunia 2022 zona Conmebol. Sebab, superstar Paris SaintGerma­in tersebut bergabung dengan Tim Samba dalam kondisi cedera punggung.

Meski cedera pemain dengan caps terbanyak (101) di skuad Brasil itu tidak terlalu berat, pelatih Tite enggan berjudi. Ketimbang berisiko menurunkan Neymar dalam laga menghadapi Bolivia di Arena Corinthian­s pagi ini (siaran langsung Mola TV pukul 07.30 WIB), lebih baik menyimpann­ya untuk matchday berikutnya di kandang Peru pada 14 Oktober nanti.

”Jika dia (Neymar, Red) memang tidak bisa bermain, ada beberapa pemain yang bisa menggantik­annya. Brasil adalah tim dengan kedalaman (skuad) yang baik,” tutur Tite sebagaiman­a dilansir AS.

Brasil lumayan terbiasa tampil tanpa Neymar. Dari 15 pertanding­an tanpa striker 28 tahun itu, Selecao hanya menderita tiga kekalahan. Dengan perincian, 9 kali menang, 3 kali seri, dan 3 kali kalah. Bahkan, kesuksesan Brasil meraih kampiun Copa America tahun lalu juga terjadi ketika Neymar tengah cedera retak engkel kanan.

Di lini serang, Brasil memang punya banyak opsi. Selain dua bintang Premier League, Roberto Firmino (Liverpool FC) dan Richarliso­n (Everton), masih ada wide attacker milik Real Madrid Rodrygo, wide attacker SL Benfica Everton Soares, hingga striker debutan Hertha BSC Mattheus Cunha.

Kedalaman skuad Brasil juga terlihat di sektor kiper. Seiring penjaga gawang utama Alisson Becker (Liverpool FC) bergelut dengan cedera bahu kiri, Ederson Moraes (Manchester City) sangat bisa diandalkan sebagai substitusi.

Lini belakang pun begitu. Selepas era Dani Alves dan Marcelo, komposisi fullback Brasil begitu cair. Bek kiri, misalnya. Ada Renan Lodi (Atletico Madrid) maupun rekrutan baru Manchester United Alex Telles. Hal itulah yang membuat absennya Alex Sandro (Juventus) yang baru pulih dari cedera tidak terlalu merisaukan kampiun lima kali Piala Dunia tersebut.

 ?? GIUSEPPE CACACE/AFP ??
GIUSEPPE CACACE/AFP
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia