Jawa Pos

Mulai Cek Struktur Jembatan Suramadu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengecekan struktur Jembatan Suramadu dilakukan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII mulai Senin (5/10). Itu merupakan tahap awal proyek perawatan dan perbaikan jembatan yang menghubung­kan Surabaya dan Madura tersebut. Pengecekan dimulai dari area bawah jembatan, yakni tiang atau fondasi jembatan. Dari pemeriksaa­n diketahui, material semen pada beberapa tiang telah menggumpal. Ditambah lagi, banyak keong atau kerang yang menempel pada material tiang. Keberadaan hewan tersebut bisa memengaruh­i kekuatan tiang jembatan.

Setelah itu pemeriksaa­n dilanjutka­n pada kondisi aspal jalan. Belasan lubang ditemukan. Sebelum diperbaiki, lubang tersebut ditandai dengan cat putih.

Kabid Preservasi BBPJN VIII Sodeli mengatakan, pengecekan ulang struktur Jembatan Suramadu

dilakukan bersama PT Gorip Nanda Guna selaku kontraktor pengerjaan. Pengecekan dimulai dari fondasi jembatan sampai fasilitas penunjang. Misalnya lampu penerangan jalan umum (PJU) dan ramburambu lalu lintas.

Ruas jembatan yang panjang membuat pengecekan memakan waktu sebulan. Setelah itu masuk ke tahap evaluasi yang juga memakan waktu satu bulan. Kemudian barulah proses pengerjaan berjalan. ”Pengecekan baru dimulai pada minggu akhir September. Sehingga diprediksi pemelihara­an secara total baru berjalan pada akhir November,” ujar Sodeli.

Jika terdapat hal yang darurat, proses perbaikan bisa dilakukan lebih cepat. Penambalan aspal dan pergantian lampu PJU yang rusak, misalnya, tidak perlu menunggu evaluasi selesai. Pengerjaan bisa langsung dilakukan. Sebab, jika dibiarkan, kerusakan bisa tambah parah.(ian/c9/any)

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PICU KORBAN JIWA: Banyak pengendara yang nekat melintasi perlintasa­n kereta api sebidang. Padahal, ada sanksi denda Rp 750 ribu yang bisa dikenakan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PICU KORBAN JIWA: Banyak pengendara yang nekat melintasi perlintasa­n kereta api sebidang. Padahal, ada sanksi denda Rp 750 ribu yang bisa dikenakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia