Jawa Pos

Tracing dan Siapkan Isolasi Anyar

-

SIDOARJO, Jawa Pos - Pihak Lapas Kelas I Surabaya di Porong masih berupaya mengatasi pandemi. Tujuannya menekan persebaran virus korona jenis baru (Covid-19) dengan beragam cara. Terutama pelacakan atau tracing terhadap warga binaan yang berlangsun­g hingga kemarin (30/8).

Proses tracing dilangsung­kan terhadap warga binaan yang terindikas­i melakukan kontak erat dengan warga yang dinyatakan positif Covid-19. Bukan hanya narapidana (napi) dalam satu blok, melainkan juga yang sering bergaul dengan kegiatan bersama.

Dari proses tersebut, pihak lapas bakal memisahkan warga binaan yang terlacak dengan penghuni lain, terutama yang bergejala. Mereka diletakkan di ruang isolasi khusus, yakni blok rumah sakit yang dikhususka­n bagi warga terindikas­i Covid-19.

’’Sekarang masih ada 67 orang yang diisolasi,’’ kata dokter Lapas Kelas I Surabaya Hardjo Santoso.

Sebagian besar, lanjut dia, menjalani isolasi sejak 27 Agustus lalu. Namun, tambah Hardjo, ada juga yang masuk ruang isolasi pada 19 Agustus lalu. Saat hasil rapid test mereka dinyatakan reaktif.

Para warga binaan yang rapid test-nya reaktif pun sudah menjalani uji swab pada 25 Agustus lalu. Hasilnya, tidak semua positif Covid-19. Beberapa warga binaan negatif Covid-19. Namun, mereka sampai sekarang masih berada di ruang isolasi.

Tidak sekadar melakukan tracing, pihak lapas juga terus melaksanak­an tes bagi warga binaan. Mereka yang masuk daftar tracing bakal di-rapid. Begitu reaktif, mereka langsung diisolasi.

Bahkan, para orang tua yang rentan terhadap penularan virus Covid-19 mulai kemarin ditempatka­n di ruangan khusus. Mereka yang memiliki penyakit penyerta dijauhkan dari penderita. ’’Ada kemungkina­n masih ada orang tanpa gejala (OTG) yang belum terlacak. Ini yang berbahaya,’’ lanjut Hardjo.

Karena itu, pihak lapas senantiasa mengawasi warga binaan. Keamanan petugas pun diterapkan. Bukan hanya tim medis yang menggunaka­n alat pelindung diri (APD). Mereka yang bertugas di blok pun wajib memakaiAPD.MeskiAPDpa­rapetugas blok tidak sama dengan milik tim medis.

 ?? LAPAS PORONG FOR JAWA POS ?? WASPADA: Petugas Lapas Kelas I Surabaya di Porong menggunaka­n APD saat masuk ruang isolasi. Mereka juga menggunaka­n APD saat masuk blok warga binaan.
LAPAS PORONG FOR JAWA POS WASPADA: Petugas Lapas Kelas I Surabaya di Porong menggunaka­n APD saat masuk ruang isolasi. Mereka juga menggunaka­n APD saat masuk blok warga binaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia