Jawa Pos

Ritel Fashion Mulai Bangkit

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pandemi Covid-19 memang menghantam banyak sektor ekonomi, termasuk industri ritel fashion. Namun, perlahan-lahan omzet produk fashion kembali meningkat. Masyarakat memang diharapkan tetap menjaga konsumsi sebagai bagian dari pemulihan ekonomi.

Koordinato­r Wilayah Timur I Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) April Wahyu Widarti menyatakan, tren tersebut mulai terlihat sejak awal Agustus. Para pengunjung mal mulai memburu barang-barang fashion. ’’Merchant yang menjual pakaian, alas kaki, tas, dan parfum mulai dikunjungi. Transaksi di toko mereka juga mulai naik,’’ katanya kemarin (30/8). Kenaikan transaksi itu didorong beberapa momen. Di antaranya, libur panjang pada perayaan hari kemerdekaa­n dan Tahun Baru Hijriah.

Ditambah inisiatif merchant yang memberikan banyak diskon dalam rangka hari kemerdekaa­n. Menurut April, kini juga semakin banyak kantor yang beroperasi meski belum normal 100 persen.

Hal itu turut meningkatk­an keperluan baju untuk bekerja. Khususnya baju masuk kantor. Mulai dibukanya beberapa spot wisata juga mendorong keinginan pengunjung ritel untuk mencari pakaian kasual dan sepatu baru.

Transaksi toko-toko yang menjual produk spesifik (specialty

untuk segmen menengah ke atas juga terlihat mulai naik. Meski, menurut April, peningkata­n tersebut tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. ’’Kami lihat trennya memang belum signifikan. Tetapi, ini lebih baik daripada saat Lebaran lalu, di mana kelihatann­ya tidak begitu banyak orang yang membeli baju baru,’’ ungkap April.

Owner Giyomi Arifitra Yudha Pra set y o mengatakan, saat ini penjualan produk clothing line miliknya mulai naik .’’ Belum normal seperti tahun lalu. Tapi, dibandingk­an saat April yang turun sampai 50 persen, Agustus ini kita ada peningkata­n menjadi 80 persen,’’ tuturnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MENGGELIAT: Seorang warga memilih baju di konter baju sebuah mal di Surabaya.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MENGGELIAT: Seorang warga memilih baju di konter baju sebuah mal di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia