Jawa Pos

PAN Reformasi Target Deklarasi Desember

-

JAKARTA, Jawa Pos – Tekad para loyalis Amien Rais untuk membentuk partai baru kian kuat. Partai yang untuk sementara akan diberi nama PAN Reformasi itu bakal dideklaras­ikan Desember 2020. Diperkirak­an, ada 50 persen kader partai lama yang merupakan loyalis Amien yang berpotensi bergabung dengan mereka.

Agung Mozin yang merupakan loyalis Amien Rais menjelaska­n, Desember dipilih dengan mempertimb­angkan kesiapan anggota yang ada. ”Deklarasi bisa lebih cepat atau mungkin lebih lambat. Kami menghitung kesiapan di seluruh wilayah republik,” jelasnya kemarin (30/8).

Pencarian nama masih berlangsun­g. Namun, sementara ini nama PAN Reformasi dianggap paling pas. Alasannya, jelas Agung, nama Amien Rais dan PAN tidak bisa dipisahkan. Kemudian, Amien juga identik dengan reformasi. ”Nama bisa berubah, bergantung perkembang­an akhirnya nanti. Tapi, yang menguat dan disukai loyalis Pak Amien adalah PAN Reformasi,” lanjutnya.

Agung menyatakan bahwa internal pihaknya memandang PAN yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan sudah tidak bisa diperbaiki sesuai cita-cita reformasi yang diinginkan Amien Rais. Karena itu, pihaknya berniat meluruskan niat tersebut dengan membentuk partai baru. Akan ada beberapa hal baru yang mereka terapkan untuk membedakan PAN Reformasi dengan PAN lama.

Rencana pembentuka­n partai baru itu menunjukka­n kesungguha­n Amien Rais untuk lepas dari PAN. Namun, hingga kini elite PAN masih mengakui bahwa Amien akan terus menjadi bagian dari PAN. Sebab, mantan ketua MPR tersebut merupakan salah seorang pendiri partai berlogo matahari itu.

Sepekan sebelumnya, dalam HUT Ke-22 PAN, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sempat menyatakan bahwa pihaknya masih berharap Amien terlibat juga dalam kegiatan PAN. ”Pak Amien itu tokoh kami, jangan dijelekjel­ekkan,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia