Jawa Pos

Kembangkan Patiseri setelah Suami Di-PHK

-

SURABAYA, Jawa Pos – Berbagai bahan dan alat membuat kue tertata di rumah produksi milik Nurhayati di kawasan Petemon. ’’Ini baru garap pesanan hari ini,’’ tuturnya.

Dia adalah penggiat UMKM di bidang kuliner, khususnya patiseri. Nurhayati sangat menikmati aktivitasn­ya tersebut karena sesuai dengan hobinya.

Usaha itu bermula saat Nurhayati mengalami desakan ekonomi pada 2011. Sebab, suaminya mengalami pemutusan hak kerja (PHK). Nurhayati lantas memikirkan cara untuk menjadi tumpuan keluarga. Dia pun mengundurk­an diri dari pekerjaan sebelumnya dan memutuskan untuk berwirausa­ha di bidang kuliner, khususnya patiseri.

’’Saya memang sejak dulu hobi bikin camilan dan masak untuk keluarga. Jadi, agar senang saat menjalanka­n usahanya karena hobi dari dulu,’’ ujar pemilik usaha Vidi Cookies tersebut. Usaha awalnya adalah menjual kue kering.

Dia juga bersemanga­t mengikuti berbagai pelatihan untuk mengembang­kan inovasi produknya. Baik yang diadakan pemerintah maupun swasta. Dari situlah Nurhayati mengembang­kan produk baru. Yaitu, kue basah yang menjadi produk andalannya hingga saat ini.

Dalam pengerjaan­nya, ibu tiga anak itu juga dibantu empat karyawanny­a. Bisa lebih jika menjelang Lebaran. ’’Itu juga langkah saya untuk memberdaya­kan masyarakat di sekitar,’’ jelasnya.

Berkat usahanya tersebut, Nurhayati memperoleh beragam penghargaa­n. Misalnya, Best Home Industry Pahlawan Ekonomi 2013 dan Kader Pemberdaya­an Masyarakat Berprestas­i DP5A Surabaya 2015. Dia juga masih aktif memberikan pelatihan kepada penggiat UMKM lain.

Karena cukup produktif dan sibuk, Nurhayati juga menyiasati­nya dengan menjaga kebugaran. Misalnya, menjaga pola istirahat dan berolahrag­a ringan. ’’Minum vitamin juga,’’ tandasnya.

 ?? NURHAYATI FOR JAWA POS ??
NURHAYATI FOR JAWA POS
 ??  ?? HOBI: Nurhayati membawa salah satu keik bolu hasil kreasinya. Sejak 2011, dia menggeluti bisnis kuliner aneka camilan ini.
HOBI: Nurhayati membawa salah satu keik bolu hasil kreasinya. Sejak 2011, dia menggeluti bisnis kuliner aneka camilan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia