Jawa Pos

Ingin Lanjut S-2 dan Jadi Anggota DPR

-

JAKARTA, Jawa Pos – Berkarir di Thailand dan jauh dari Indonesia tidak membuat Yanto Basna melupakan kewajibann­ya dalam menempuh pendidikan tinggi. Buktinya, pada Kamis lalu (18/6), dia berhasil lulus ujian skripsi secara online di kampusnya, Universita­s Negeri Yogyakarta. Nilainya tidak buruk-buruk juga. IPK terakhirny­a di atas 3. Nilai yang sudah maksimal di tengah kesibukann­ya berkarir di sepak bola.

Yanto merasa sangat lega setelah menjalani kuliah selama enam tahun sembari terus menggeluti si kulit bundar. Apalagi, dalam tiga tahun terakhir, dia memutuskan untuk bermain di Thailand. ’’Yang di Indonesia saja malas, apalagi saya yang di luar negeri. Tapi, kesadaran pribadi, saya ingin jadi sarjana. Memenuhi janji kepada orang tua,’’ paparnya.

Yanto mengungkap­kan, ketika awal dirinya berkarir dulu, orang tuanya berpesan untuk tidak meninggalk­an pendidikan. Itulah yang terus dipegangny­a. ’’Akhirnya ada peluang, walau awalnya beasiswa akhirnya bayar sendiri tidak apa-apa. Yang penting, saya sudah memenuhi janji itu,’’ tegasnya.

Bahkan, pemain yang kini membela Prachuap FC di kasta tertinggi di Thailand itu berencana meneruskan jenjang ke S-2. Terkait mana kampus yang akan dipilih, Yanto belum memutuskan. ’’Keinginan itu ada, saya akan cari-cari. Mumpung usia masih muda, masih ada semangat untuk kuliah,’’ katanya.

Lantas, apa yang akan dilakukan dengan status sarjana yang diembannya? Yanto tidak menampik ingin jadi pelatih. Sesuai dengan jurusan studi kepelatiha­n yang diambil ketika kuliah. ’’Tapi mungkin bisa jadi anggota DPR. Biar bisa memajukan Papua juga nanti,’’ ucapnya, lantas tertawa.

 ?? ISTIMEWA ?? BERSYUKUR: Yanto Basna bisa sukses berkarir di sepak bola dan pendidikan.
ISTIMEWA BERSYUKUR: Yanto Basna bisa sukses berkarir di sepak bola dan pendidikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia