Jawa Pos

Tahun Ini Tuntaskan 500 Meter Lagi

Bagian JLLB di Kawasan CitraLand

-

SURABAYA, Jawa Pos – Saat ini pengendara sudah bisa menikmati sebagian jalan lingkar luar barat (JLLB) yang masuk kawasan CitraLand. Total ada pengerjaan sepanjang 2,5 kilometer yang sudah diselesaik­an pengembang dari proyek sepanjang 18 kilometer tersebut.

Total 2,5 kilometer tersebut terbagi di dua wilayah yang sudah bisa dinikmati saat ini. Yaitu, kawasan sisi timur Jalan Alas Malang dan CitraLand-Lakarsantr­i. Di sisi timur Alas Malang, jalan tersebut dilengkapi empat lajur untuk tiap-tiap jalur. Serta, dua lajur untuk jalur lambat di sisi jalan utama.

Pengerjaan tersebut dilakukan secara bertahap tiap tahun. ”Karena kami yang ketempatan, jadi kami yang garap,” jelas Associate Director Ciputra Group Hendra Lauw. Tahun lalu, mereka mengerjaka­n jalan sepanjang 1 kilometer.

Hendra mengatakan, tahun ini pihaknya melakukan persiapan pengerjaan untuk menambah 500 meter lagi. Pengerjaan itu akan menambah panjang jalan yang terletak di sisi timur Alas Malang tersebut. ”Kalau 500 meter ini jadi, bagian kami sudah selesai untuk JLLB,” paparnya.

Jalan tersebut nanti terhubung dengan JLLB dari arah Sememi hingga ke selatan sampai tol Surabaya–Mojokerto. Untuk mendukung rencana tersebut, pihak CitraLand masih punya PR pengerjaan di kawasan Made. ”Jadi, nanti nyambung dari Alas Malang, kemudian Made, dan tembus ke depan Marketing Gallery CitraLand,” paparnya.

Pengerjaan di kawasan Made tampaknya akan memakan waktu beberapa saat. Sebab, pemerintah kota harus membebaska­n lahan terlebih dahulu, baru melebarkan jalan. ”Pembebasan lahan ini kan juga dengan yang di kawasan utara Sememi. Sudah 90 persen pembebasan­nya,” ucap Hendra.

Selain kawasan Made, pihaknya menunggu pelebaran jalan di kawasan Ciputra Golf-Menganti. ”Kami sudah bangun dari ujung Jalan Made hingga kawasan Ciputra Golf,” paparnya. Di CitraLand-Lakarsantr­i juga ada dua lajur masing-masing arah dengan dua lajur lambat di sisinya sehingga cukup aman bagi penghuni di kawasan tersebut.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? ENAM LAJUR: Jalan sepanjang 1 km yang merupakan bagian dari JLLB di kawasan CitraLand. Jalur tersebut sudah bisa dilalui pengendara.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS ENAM LAJUR: Jalan sepanjang 1 km yang merupakan bagian dari JLLB di kawasan CitraLand. Jalur tersebut sudah bisa dilalui pengendara.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia