Jawa Pos

Ovy Noviardhya­ni Isi Waktu Luang dengan Melukis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Agar tidak bosan selama stay at home, seniman Ovy Noviardhya­ni terus mengeksplo­rasi kemampuan melukisnya. Kali ini perempuan kelahiran Jayapura itu gemar melukis berbagai jenis bunga. Sudah ada delapan bunga yang dia gambar selama masa pandemi ini.

’’Selain untuk mengisi waktu luang, melukis bunga sekalian untuk menyambut musim semi. Sebab, musim hujannya sudah mau selesai,’’ katanya kemarin (20/5).

Tidak ada kriteria khusus yang ditetapkan Ovy terkait dengan bunga apa saja yang digambarny­a. Yang terpenting, memiliki unsur warna ceria dan bisa membuat orang senang melihatnya. Jadi, bila ada tamu yang bertandang ke rumah Ovy, mereka ingin berfoto dengan lukisanluk­isan tersebut.

Perempuan berkacamat­a itu menjelaska­n, inspirasi bunga-bunga yang digambarny­a berasal dari kartu ucapan. ’’Sekarang kan banyak kartu ucapan yang lucu, biasanya pakai ilustrasi bunga. Ide saya muncul dari situ,’’ ungkapnya.

Menurut Ovy, karya-karyanya juga bisa diartikan untuk menebar semangat di tengah masa sulit ini. Sebab, ketika mulai memutuskan untuk menggambar bunga pada Maret lalu, Ovy dihadapkan dengan perasaan bosan karena terus melihat berita Covid-19. Ditambah lagi, banyak orang yang setiap hari meributkan korona. ’’Akhirnya, saya bikin bunga-bunga ceria agar energi positif bisa terus terpancar dalam diri saya,’’ jelasnya.

Salah satu lukisan bunga Ovy berjudul Tetap Semangat. Dalam karyanya tersebut, delapan bunga matahari terpampang di atas kanvas berukuran 40 x 60 cm. Bagi dia, sunflower adalah simbol semangat yang tidak ada matinya. Lalu, dihubungka­n dengan musim pandemi kali ini.

’’Intinya, seorang perempuan, terutama ibu, harus tetap semangat. Apa pun kondisinya dan gimana pun ruwetnya situasi di rumah karena libur semua, ya tetap harus bisa bikin suasana ceria, gembira, dan cantik,’’ tuturnya. Dalam merampungk­an sebuah lukisan, waktu yang dibutuhkan Ovy tidak sampai seminggu. Dia menganut aliran dekoratif.

 ?? OVY NOVIARDHYA­NI FOR JAWA POS ?? FULL COLOR: Ovy Noviardhya­ni sedang merampungk­an lukisan yang bergambar bunga matahari dengan judul Tetap Semangat.
OVY NOVIARDHYA­NI FOR JAWA POS FULL COLOR: Ovy Noviardhya­ni sedang merampungk­an lukisan yang bergambar bunga matahari dengan judul Tetap Semangat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia