Jawa Pos

Cegat Bus Berpenumpa­ng PMI Asal Italia

-

SEBUAH bus pariwisata dihentikan paksa oleh petugas di exit toll Gunungsari kemarin (8/5). Bus tersebut ditengarai mengangkut pegawai migran Indonesia (PMI) yang datang dari Italia. Melihat kejadian tersebut, belasan penumpang langsung diturunkan dan diperiksa.

Kapolsek Wiyung Kompol Rasyad menyatakan, bus pariwisata itu diketahui keluar exit toll Gunungsari sekitar pukul 08.30. Bus tersebut dihentikan lantaran pelatnya berasal dari Jakarta. ”Kami pun dari awal sudah curiga,” terangnya kemarin sore.

Setelah dilakukan pemeriksaa­n, ternyata 15 penumpang itu adalah ABK salah satu kapal pesiar di Italia. Mereka sudah pulang ke Indonesia awal Maret lalu. Rasyad menyatakan, para PMI itu dipulangka­n dari Italia melalui Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

Berdasar pemeriksaa­n, ternyata mereka sudah dikarantin­a selama 40 hari di Jakarta. Semuanya juga sudah di-rapid test dan hasilnya negatif. Meski demikian, mereka tetap diperiksa dengan alat thermal gun.

Jadi, kata Rasyad, bus itu datang dari Jakarta dengan tujuan mengantar pulang para ABK. Mereka juga berasal dari berbagai wilayah di Jatim. Di antaranya, Madura, Sidoarjo, dan Mojokerto. ”Kebetulan pas dicegat mereka hendak ke Madura,” terangnya.

Setelah koordinasi cukup lama dengan tim gugus depan penanganan Covid-19, baik dari provinsi maupun kota, bus pariwisata itu akhirnya diloloskan. Kendati begitu, perjalanan ke Madura tetap dikawal pihak kepolisian. ”Pemberhent­ian tersebut harus dilakukan karena antisipasi persebaran Covid-19. Apalagi, saat ini Surabaya sedang memberlaku­kan PSBB,” paparnya.

 ?? POLSEK WIYUNG FOR JAWA POS ?? HASIL NEGATIF SEMUA: Petugas Polsek Wiyung mengecek suhu tubuh penumpang bus di exit toll Gunungsari kemarin.
POLSEK WIYUNG FOR JAWA POS HASIL NEGATIF SEMUA: Petugas Polsek Wiyung mengecek suhu tubuh penumpang bus di exit toll Gunungsari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia