Jawa Pos

Bantuan Donatur Tembus 509.516 Kilogram

-

SURABAYA, Jawa Pos − Sumbangan beras dari para donatur melonjak dua kali lipat dalam satu pekan. Saat pembagian beras gelombang pertama pekan lalu, jumlah bantuan yang masuk mencapai 260 ribu kilogram. Kemarin jumlahnya mencapai 509.516 kilogram.

”Hampir setiap hari ada yang datang mengirim bantuan,” ujar Kepala Dinas Pengendali­an Penduduk, Pemberdaya­an Perempuan, dan Perlindung­an Anak (DP5A) Chandra Oratmangun kemarin. Chandra mendapat tugas khusus sebagai koordinato­r sembako sumbangan donatur itu.

Bantuan tersebut berasal dari perseorang­an, yayasan, hingga perusahaan. Chandra terharu dengan solidarita­s mereka. Dia menyadari semua orang dalam kondisi sulit. Bahkan, perusahaan pasti terkena imbas ekonomi yang merosot. Namun, mereka tetap mau berbagi dan memikirkan warga yang membutuhka­n bantuan.

Bukan hanya beras. Donatur juga menyumbang­kan mi instan, minyak goreng, gula, abon, hingga kering tempe. Pemkot pun menerima donasi berupa uang. ”Namun, tidak di kami. Kalau menyumbang anggaran, langsung ke balai kota,” ujar mantan kepala dinas kebakaran itu.

Hingga kemarin para petugas masih sibuk memilah-milah bantuan yang masuk. Mereka memasukkan bantuan itu ke paket yang dibungkus plastik. Isinya 10 kilogram beras ditambah paket bantuan lainnya.

Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah datang langsung ke Convention Hall kemarin untuk memastikan beras yang akan didistribu­sikan itu dalam kondisi baik. ”Dan ternyata beras yang masuk itu kualitas bagus. Saya lihat mereknya juga ternama,” ujarnya.

Khusnul mendapat kabar adanya sembako yang kualitasny­a buruk. Misalnya, berjamur atau kotor. Setelah dikonfirma­si, ternyata informasi itu benar. Ada sejumlah paket kering tempe yang sudah berjamur karena terlalu lama disimpan.

Chandra menunjukka­n bahwa paket tempe dengan kualitas tidak layak makan itu sudah ditarik seluruhnya. Kering tempe tersebut akan dimusnahka­n karena tidak mungkin dikonsumsi. ”Jadi, saya apresiasi juga kecekatan petugas. Begitu tahu ada kering tempe berjamur, langsung ditarik lagi untuk ganti paket sembako yang baru,” jelasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SIDAK: Khusnul Khotimah (kanan) melihat langsung bantuan yang disimpan di Convention Hall Surabaya kemarin.
FRIZAL/JAWA POS SIDAK: Khusnul Khotimah (kanan) melihat langsung bantuan yang disimpan di Convention Hall Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia