Jawa Pos

Pangeran Kecil untuk Blaugrana

-

BARCELONA, Jawa Pos − Perlahan tapi pasti, rumor kepindahan gelandang Juventus Miralem Pjanic ke FC Barcelona mendekati kenyataan. Kemarin, seperti dilansir Mundo Deportivo dan La Gazzetta dello Sport, Pangeran Kecil −julukan Pjanic− disebut sudah sepakat boyongan ke Camp Nou musim depan dengan skema pertukaran pemain.

Nah, yang membuat skenario tersebut bakal sulit terealisas­i adalah Arthur Melo. Ya, gelandang Barca itu memang diproyeksi­kan ditukar dengan Pjanic. Masalahnya, pemain asal Brasil tersebut masih betah di Barca. Kontraknya juga berlaku hingga 2024. Arthur juga selalu jadi pilihan utama sejak bergabung musim lalu.

Apalagi, pandemi Covid-19 membuat keuangan Barca terganggu. Karena itu, kecil kans bagi mereka membeli Pjanic. Padahal, market value-nya berdasar Transferma­rkt yang sebesar EUR 52 juta (Rp 840,7 miliar) cukup terjangkau bagi klub sekelas Blaugrana.

Meski begitu, Barca masih punya plan B. Yakni, membarter Pjanic dengan dua gelandang senior Arturo Vidal dan Ivan Rakitic. Keduanya semakin tersisih musim ini dengan kedatangan Frenkie de Jong. Terutama untuk Rakitic. Pemain asal Kroasia itu musim ini tercatat hanya tampil 31 laga dan 15 di antaranya berstatus starter. Padahal, sejak gabung pada 2014−2015, pemain 32 tahun itu selalu jadi opsi pertama dan nyaris selalu menghuni starting eleven dengan rata-rata 50 penampilan di tiap musimnya hingga musim lalu.

”Nyaris setiap musim selalu seperti ini (rumor kepindahan, Red) dan aku sudah enam tahun di Barca. Kontrakku masih ada hingga tahun depan dan aku ingin menghormat­inya,” ucap eks pemain Sevilla itu kepada Mundo Deportivo. Meski begitu, dia tak menutup kans untuk hengkang musim depan.

Blaugrana memang harus cermat membelanja­kan uang untuk bursa transfer musim depan. Sebab, incaran utama mereka, striker Inter Milan Lautaro Martinez, punya release clause yang lumayan tinggi. Yakni, EUR 111 juta (Rp 1,79 triliun). Itu belum termasuk kengototan Nerazzurri untuk mempertaha­nkannya.

Itulah yang membuat Barca disebut Sport bakal cuci gudang pemainnya. Tidak tanggung-tanggung. Ada 11 pemain yang masuk daftar jual dengan 6 di antaranya ditawarkan ke Inter. Mereka adalah bek kanan Nelson Semedo, gelandang Rafinha Alcantara, Vidal, bek Junior Firpo, bek tengah Samuel Umtiti, dan bek Jean-Clair Todibo.

Sementara itu, lima pemain lainnya adalah gelandang Marc Cucurella, Rakitic, bek Emerson, gelandang serang Philippe Coutinho, dan wide attacker Ousmane Dembele. Dua nama terakhir juga bisa jadi masuk opsi barter. Entah itu untuk Pjanic atau Lautaro.

 ?? MARCO BERTORELLO/AFP ?? LATIHAN LAGI: Gelandang Juventus Miralem Pjanic tiba di Juventus Continassa Training ground di Turin (5/5) dengan mengendara­i Ferrari.
MARCO BERTORELLO/AFP LATIHAN LAGI: Gelandang Juventus Miralem Pjanic tiba di Juventus Continassa Training ground di Turin (5/5) dengan mengendara­i Ferrari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia