Jawa Pos

Samator ke Final Four, Petro Berat

-

BANDUNG, Jawa Pos – Surabaya Bhayangkar­a Samator (SBS) sukses mengunci tiket ke final four Proliga 2020 tadi malam. Itu terjadi setelah Rivan Nurmulki dkk menghajar Jakarta Pertamina Energi (JPE) dengan skor telak 3-0 (25-20, 25-22, 25-12) di GOR C’Tra Arena, Bandung. Samator kini mengantong­i 12 poin. Angka itu sudah tidak mungkin dikejar oleh tim peringkat kelima dan keenam.

Pelatih Samator Ibarsjah Djanu Tjahjono mensyukuri kemenangan yang didapat. Menurut dia, raihan tiga poin kemarin tak terlepas dari evaluasi beberapa laga sebelumnya. Samator sempat hancur dengan menuai dua kekalahan beruntun pada akhir putaran pertama. Pada seri pembuka putaran kedua pekan lalu, mereka memang menang. Tapi, belum perfect.

Maka, sebelum berangkat ke Bandung, tim juara bertahan tersebut melakukan perbaikan menyeluruh. Mulai receive, block, hingga servis. Pekan lalu mereka memberikan banyak angka cuma-cuma kepada musuh karena kesalahan servis. ”Itulah yang kami tekankan saat jeda untuk progres dari putaran pertama,” kata Ibarsjah kemarin.

Hari ini (7/3), Samator bakal menghadapi tim kuat lainnya, Jakarta BNI

46.Meskisudah­memastikan­dirilolos, Ibarsjahta­kinginmeng­endurkanpe­rmainan. ”Kami akan tetap all-out di Bandung karena sudah komitmen. Meskipunpa­stinyanant­iadarotasi­dan penyesuaia­nstrategi.Kamilihatk­eadaan di lapangan gimana,” papar dia.

Samator sebenarnya tadi malam cukup diuntungka­n oleh posisi Pertamina

Energi. Ya, tim asuhan Pascal W. Picaulima tersebut sudah lolos ke final four. Mereka memilih menyimpan tenaga. Pascal terang-terangan bilang sengaja melepas game tersebut. ”Ngapain juga kami ngotot kalau udah pasti masuk (final four),” ucapnya.

Sementara itu, hasil berbeda didapatkan tim putri Gresik Petrokimia Puslatda KONI Jatim. Impian ke final four semakin berat seiring kekalahan oleh Bandung BJB Tandamata. Tadi malam mereka kalah telak 0-3 (10-25, 15-25, 11-25). Hasil itu membuat Petro –sebutan Gresik Petrokimia– makin tenggelam di dasar klasemen sementara.

Mereka bersaing dengan Jakarta BNI 46 untuk memperebut­kan sisa tiket ke final four. Masalahnya, BNI 46 masih punya tabungan dua pertanding­an. Sementara itu, Petro tinggal satu. Tidak hanya wajib menang atas Popsivo. Mereka juga harus berharap BNI 46 takluk di dua laga terakhirny­a.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? PERKASA: Pemain Surabaya Bhayangkar­a Samator Rendy Tamamilang melepaskan spike ke arah pertahanan Jakarta Pertamina Energi di GOR C’Tra Arena, Bandung, tadi malam.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS PERKASA: Pemain Surabaya Bhayangkar­a Samator Rendy Tamamilang melepaskan spike ke arah pertahanan Jakarta Pertamina Energi di GOR C’Tra Arena, Bandung, tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia