Jawa Pos

Potret Hewan dengan Konsep Minimalis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Mengusung tema Mini Manis, empat pelukis menghelat pameran dengan media kanvas kecil berukuran

40 x 50 sentimeter. Mereka adalah Joko Gundul Sulistiono, Riki Antoni, C. Roydin, dan Suratno. Dalam pameran di Hotel Collection

O 11 Life Style, Surabaya, itu, para seniman membuat lukisan dengan gaya masing-masing.

Abidin Erza, kurator pameran tersebut, menjelaska­n bahwa tema Mini Manis yang diangkat bermakna sebagai bentuk lukisan minimalis, tetapi yang manis. ’’Yang bisa memberikan efek refresh buat siapa pun yang lihat. Pokoknya, cluenya di sini adalah refreshing,’’ jelasnya saat ditemui kemarin (4/3).

Warna-warna pastel pun mendominas­i lukisan yang dipamerkan di sana. Karya Riki, misalnya. Alumnus Seni Lukis ISI Jogja itu menerjemah­kan Mini Manis dengan konsep yang benar-benar minimalis. ’’Bentuk minimalis ini secara visual nggak banyak pendukung. Jadi, objeknya ya satu itu aja, hewannya. Pokoknya sederhana, tapi tetap manis,’’ ujarnya.

Namun, gaya melukis Riki kali ini diakuinya berbeda dengan gayagaya pada lukisannya sebelumnya. ’’Kali ini saya berinovasi dengan sapuan-sapuan abstrak. Menggabung­kan ekspresif dengan realis,’’ katanya. Menurut dia, periode gaya melukis yang berbeda perlu dihadirkan dalam karya-karya terbaru.

Pria asal Padang itu juga mengakui, konsep Mini Manis cukup fun. ’’Sebenarnya sama kayak lukisan-lukisan saya soal anak-anak sebelumnya. Itu sangat fun. Tapi, ini lebih fun sih karena lebih simpel,’’ ungkapnya.

Terlebih, dalam karyanya tersebut, dia dapat mengeksplo­rasi warna-warna hewan dengan warna lain yang tidak harus sama dengan warna aslinya. Di sanalah dia bisa berimajina­si dengan santai, tetapi tetap menyenangk­an. ’’Jadi, bisa lebih explore karakter hewan-hewannya,’’ terangnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? REFRESHING: Pengunjung mengambil gambar lukisan karya empat pelukis yang menggunaka­n media kanvaskanv­as kecil.
MARIYAMA DINA/JAWA POS REFRESHING: Pengunjung mengambil gambar lukisan karya empat pelukis yang menggunaka­n media kanvaskanv­as kecil.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia