Jawa Pos

Pasmar 2 Gelar Adu Jago Navigasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Orienteeri­ng Open Competitio­n Piala Danpasmar 2 2020 berlangsun­g di Marines Sport Center (MSC) Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, kemarin (16/2). Ratusan peserta ikut dalam perlombaan yang mengandalk­an kecepatan dan keterampil­an navigasi mencari titik check point itu.

Berbekal kompas dan gambar peta area MSC, satu per satu peserta dari TNI-Polri serta warga sipil mulai berlari meninggalk­an garis start. Mereka diminta mencari lokasi check point yang telah disediakan panitia. Di setiap pemberhent­ian, peserta menancapka­n alat yang fungsinya mirip scanner dan berada di antara jari-jari mereka.

Sekilas, olahraga yang dikenalkan kali pertama di Swedia itu terlihat mudah. Namun, setelah mencobanya di medan MSC yang terdiri atas lapangan dan hutan, lomba itu tidak bisa dibilang mudah. Misalnya, yang diungkapka­n Andi Lalang, peserta dari Palu. Dia sempat bingung mencari check point 11 di hutan.

Lokasinya yang menanjak juga membuatnya mengeluark­an banyak waktu. ’’Saya sampai 10 menit sendiri mencari check point ini,’’ ujarnya sembari terengah-engah sesaat setelah sampai di garis finis.

Dalam kompetisi itu, Pasmar 2 menyediaka­n area seluas 7 hektare. Setiap kategori memiliki jarak masing-masing. Kategori TNI-Polri menempuh jarak 5,8 kilometer; kategori putra 5,2 kilometer; dan kategori putri 4,6 kilometer.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi mengatakan, olahraga itu seusai dengan tugas Marinir. Yakni, memerlukan kemampuan fisik dan otak untuk berpikir. Dengan kompetisi tersebut, korps satuannya bisa lebih meningkatk­an kecermatan dan kecepatan dalam menentukan sasaran.

’’Kami berharap dengan kompetisi ini prajurit Marinir bisa meningkatk­an kemampuann­ya,’’ jelasnya. Tahun lalu, dalam Olimpiade Militer Dunia di Tiongkok, Pasmar 2 hanya mengirimka­n atlet cabang triatlon. Sementara itu, kategori orienteeri­ng belum ada. Dengan kompetisi tersebut, pihaknya berharap bisa mendapatka­n atlet dari Marinir.

 ??  ?? HARUS PENUH PERHITUNGA­N: Tidak hanya lari, peserta Orienteeri­ng Open Competitio­n Piala Danpasmar 2 juga harus mencari titik pemberhent­ian yang sudah ditentukan.
HARUS PENUH PERHITUNGA­N: Tidak hanya lari, peserta Orienteeri­ng Open Competitio­n Piala Danpasmar 2 juga harus mencari titik pemberhent­ian yang sudah ditentukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia