Jawa Pos

Perkuat Nasionalis­me lewat Paskibra

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ratusan pelajar di Jawa Timur beradu keterampil­an dan kreativita­s dalam lomba paskibra di STIE Perbanas Surabaya kemarin (16/2). Tidak sekadar baris-berbaris. Para peserta juga ditantang menggabung­kan baris-berbaris dengan tarian tradisiona­l maupun modern. Jiwa nasionalis­me mereka terpupuk.

Lihat saja saat tim Paskibra SMAN 3 Surabaya. Mereka tampil dengan menggabung­kan gerakan tarian modern di tengah baris-berbaris. Dengan seragam paskibra berwarna merah, belasan anggota tim tampak energik. Kurang lebih 10 menit, mereka menutup tampilan dengan membentang­kan bendera.

”Tahun lalu kami mengolabor­asikan tarian modern dan tradisiona­l. Tahun ini kami menampilka­n modern dance,” kata Devika Berliani Tias, ketua tim Paskibra SMAN 3 Surabaya.

Berlian mengatakan, tim menampilka­n tiga gerakan. Yakni, peraturan barisberba­ris (PBB), formasi, dan variasi. Persiapan dilakukan sejak Januari. Sebab, selain harus berlatih tarian modern, seluruh anggota harus kompak. ”Tahun lalu kami dapat juara harapan. Semoga tahun ini bisa menang,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Lomba Paskibra STIE Perbanas Surabaya (PASSION) Nur Utami Ningtyas mengatakan, kegiatan tersebut diikuti 39 peleton peserta.

”Peserta yang ikut dari berbagai daerah di Jawa Timur. Mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, hingga Blitar,” katanya.

Perempuan yang karib disapa Tyas tersebut menambahka­n, kompetisi paskibra bertujuan menjadikan generasi muda aktif, kreatif, dan inovatif. Selain itu, meningkatk­an jiwa kepahlawan­an dan cinta tanah air.

 ?? ROBERT RISKY/JAWAPOS ?? KOMPAK: Peserta dari SMAN 1 Bojonegoro beradu gerakan atraktif dalam lomba paskibra di STIE PerbanasSu­rabaya kemarin.
ROBERT RISKY/JAWAPOS KOMPAK: Peserta dari SMAN 1 Bojonegoro beradu gerakan atraktif dalam lomba paskibra di STIE PerbanasSu­rabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia