Jawa Pos

Start-up Surabaya Raih Pendanaan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Startup jaringan ritel makanan dan minuman sehat asal Surabaya, Greenly, mendapatka­n pendanaan tahap awal (seed funding) yang dipimpin East Ventures. Pendanaan itu juga diikuti beberapa angel investor lainnya. Rencananya, dana segar tersebut digunakan perusahaan untuk inovasi produk, pengembang­an teknologi, dan perluasan jaringan.

’’Kami yakin Liana dan Edrick (founder Greenly, Red) dapat mengembang­kan Greenly dari Surabaya ke Jakarta dan kota lain untuk menyediaka­n makanan dan minuman sehat bagi seluruh rakyat Indonesia,’’ kata Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam penjelasan­nya kemarin (12/2).

Menurut dia, Jakarta adalah kota terbaik untuk menunjang perkembang­an bisnis perusahaan digital. Founder start-up yang berasal dari luar Jakarta harus bisa beradaptas­i dan berekspans­i ke Jakarta.

Greenly kini mengoperas­ikan lima cabang di Surabaya. Greenly akan melebarkan sayap ke Jakarta serta kota-kota besar lainnya di Indonesia. Meningkatn­ya jumlah penduduk ekonomi kelas menengah yang menyadari gaya hidup sehat menjadi peluang besar bagi bisnis makanan sehat.

’’Greenly hadir sebagai fastcasual retail yang menyediaka­n beragam salad, grain bowl, coldpresse­d juice, smoothie, nut milk, dan produk sehat lainnya yang terbuat dari bahan alami dan segar,’’ papar founder Greenly Liana Gonta Widjaja.

Menurut dia, ketersedia­an produk makanan sehat yang terjangkau sangat penting karena pola makan penduduk Indonesia belum sehat.

Salah satu komponen utama dari strategi Greenly adalah mengintegr­asikan konsep new retail dengan pendekatan online to offline (O2O). Dengan menerapkan konsep tersebut, Greenly mengadopsi pola penjualan multikanal, baik melalui gerai fisik maupun layanan pesan antar. Saat ini Greenly mengoperas­ikan satu gerai di mal dengan konsep kafe/restoran. Empat cabang lainnya melayani pesan antar dengan konsep cloud kitchen. Bisnis Greenly tumbuh hingga lima kali lipat sepanjang 2019.

Edrick Joe Soetanto yang juga founder Greenly menjelaska­n, misinya adalah membawa pola makan sehat ke seluruh lapisan masyarakat. Jadi, pola makan sehat tidak hanya diadopsi kalangan tertentu. ’’Kami yakin, dengan dukungan dari East Ventures dan seluruh mitra, misi ini dapat kami realisasik­an,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia