Jawa Pos

INFLASI JATIM NOVEMBER 2019

- Stok Bahan Pangan Aman

SURABAYA, Jawa Pos – Inflasi Jawa Timur (Jatim) tahun ini hingga tahun depan diperkirak­an cukup landai. Pada November lalu, inflasi Jatim secara year-on-year (yoy) hanya 2,20 persen. Angka tersebut adalah yang terendah se-Jawa. Tim Pengendali­an Inflasi Daerah (TPID) Jatim pun optimistis inflasi akan tetap terkendali.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jatim Difi Ahmad Johansyah menjelaska­n, angka inflasi Jatim sebenarnya mudah terpengaru­h beberapa kelompok pengeluara­n. Di antaranya, kenaikan harga tiket pesawat, biaya sewa rumah, dan kenaikan harga BBM. Namun, menjelang akhir tahun ini, inflasi dari kelompokke­lompok pengeluara­n itu masih tergolong aman meski ada sedikit kenaikan. ’’Jatim belum merasakan shock therapy price itu,’’ ujarnya di sela-sela high-level meeting TPID Jatim kemarin (12/12).

Inflasi dari komponen harga yang diatur pemerintah (administer­ed prices) juga dinilai masih

Bahan makanan

Makanan jadi, minuman, rokok & tembakau

Perumahan,air, listrik, gas & bahan bakar

Sandang

Kesehatan

Pendidikan, rekreasi & olahraga

Transporta­si, komunikasi, dan jasa keuangan cukup stabil. Karena itulah, inflasi komponen lain diperkirak­an tidak naik terlalu tinggi meski momen Natal dan tahun baru (Nataru) sudah makin dekat. Di samping itu, pasokan bahan makanan masih tersedia dan dijaga agar tidak mengalami kelangkaan.

Difi juga optimistis inflasi komponen bergejolak (volatile) menjelang akhir tahun ini tidak

PAKUWON City, kota mandiri terbesar di Surabaya Timur, memiliki beragam pilihan produk yang siap huni. Komitmen Pakuwon City dalam mengembang­kan infrastruk­tur skala kota terealisas­i dengan dibukanya akses tembus baru ke pusat niaga Surabaya. Menyusul, segera hadir jalan lingkar luar timur (JLLT) yang memberikan kemudahan untuk menuju Bandara Juanda dan seluruh penjuru kota.

Education Center, 5 Sekolah

dan 3 Universita­s Saat ini, Pakuwon City yang dikembangk­an di lahan seluas 600 hektare telah dihuni lebih dari 10 ribu kepala keluarga. Pakuwon City dilengkapi fasilitas pendidikan 5 sekolah nasional plus, yaitu Gloria, Cita Hati, Al Azhar, Xin Chong, dan Sayang School, serta Universita­s Katolik Widya Mandala Widya Mandala juga selangkah menuju Unair dan ITS. Ada pula Papaya dan Hokky Supermarke­t.

Awal tahun depan, hadir EastCoast Mall, pengembang­an terbaru East Coast Center, dengan 100 tenant yang sebelumnya sudah bergabung di Tunjungan Plaza dan Pakuwon Mall. Dengan demikian, banyak kalangan mengatakan bahwa Pakuwon City telah menjadi ikon kota mandiri dengan pertumbuha­n kawasan tercepat dan terlengkap.

Cluster Terbaru Grand Island, Rumah 2 Lantai 4 Bedroom, Harga Mulai Rp 2 M-an Grand Island, kawasan hunian premium yang terdiri atas pengembang­an 15 cluster, dilengkapi dengan 2 exclusive club house

Gedung Laguna Square lantai dasar Jl Kejawan Putih Mutiara No 8, Surabaya

Open daily pukul 10.00–22.00 WIB Video Pakuwon City bit.ly/PakuwonCit­y2019 IG @pakuwonsur­abaya terlalu tinggi meski permintaan mulai meningkat. Bahkan, tahun depan inflasi Jatim diprediksi mampu berada di bawah 3 persen. ’’Jadi, tahun depan proyeksi kami 2,6 persen lah. Atau paling jelek 3 persen,’’ katanya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, momen Nataru kali ini sudah diantisipa­si TPID Jatim. Stok gula, beras, daging sapi dan ayam, serta telur dinyatakan aman. Ada juga aksi siaga dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyediaka­n mobilmobil keliling untuk melayani keluhan gardu bermasalah jika terjadi angin kencang karena cuaca buruk. ’’Artinya, risiko pasokan listrik dan gangguan-gangguan diantisipa­si sejak awal,’’ tuturnya.

Mantan menteri sosial (Mensos) itu menambahka­n, TPID Jatim bersama Pemprov Jatim juga siap melakukan operasi pasar jika diperlukan. Namun, Khofifah yakin inflasi tetap terkendali. ’’Kita juga sudah mendapatka­n eksepsi agar truk bisa melintas atau beroperasi pada 20–25 Desember dan 30–31 Desember. Dengan begitu, pasokan pangan tetap terjaga,’’ tandasnya.

MEWAH: Kunjungi show unit premium dan mewah yang buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB.

yang didesain menyatu dengan danau resor dan jogging track sepanjang 3,9 km. Setiap cluster memiliki area terbuka hijau yang sangat luas, children playground, dan community area.

Mossel Bay merupakan cluster dengan beragam tipe rumah siap huni. Hunian terbaru Morlee (LT/LB 180/225 m2) dengan 4 bedroom menjadi tipe favorit. Tipe Morlee sudah lengkap dengan interior, mulai di ruang keluarga, kamar tidur, pantry open island, hingga kitchen, juga termasuk perangkat elektronik dan private BBQ area di taman belakang. Sempurna, langsung huni. Anda tinggal bawa koper. (ran)

 ??  ??
 ??  ?? atau yang lebih dikenal dengan Expresi.
Pada 2019, Bank Jatim telah mencatatka­n pertumbuha­n pendapatan tresuri terbaik dengan pencapaian terhadap target Desember 2019 sebesar 123 persen
atau yang lebih dikenal dengan Expresi. Pada 2019, Bank Jatim telah mencatatka­n pertumbuha­n pendapatan tresuri terbaik dengan pencapaian terhadap target Desember 2019 sebesar 123 persen

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia