Jawa Pos

Puas, Sudah Terbalas

-

BALIKPAPAN, Jawa Pos – Sebelum menjamu Arema FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Persebaya Surabaya meladeni Bhayangkar­a FC di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (8/12). Saat itu Persebaya memetik kemenangan telak 4-0. Publik pun berpikir bahwa komposisi yang tampil ganas saat menggilas Bhayangkar­a bakal dipertahan­kan ketika menghadapi Arema FC kemarin sore.

Prediksi itu meleset.

Aji Santoso selaku arsitek Persebaya membuat perubahan komposisi yang sangat mencolok. Total lima pemain dari skuad melawan Bhayangkar­a kemarin diganti. Pelatih asal Malang tersebut memarkir Novan Sasongko dan M. Syaifuddin. Sebagai gantinya, dia menurunkan Abu Rizal Maulana dan Hansamu Yama Pranata. Aji juga memainkan Alwi Slamet, Oktafianus Fernando, dan Fandi Eko Utomo sejak menit awal. Dua nama terakhir bahkan tidak bermain sama sekali saat Persebaya menaklukka­n Bhayangkar­a FC.

Eksperimen berani Aji itu pun berbuah manis. Persebaya berhasil membalas kekalahan dari Arema FC di putaran pertama lalu. Pembalasan­nya pun setimpal. Persebaya mencukur Singo Edan –julukan Arema FC– dengan skor telak 4-1. ”Saya memang sengaja melakukan eksperimen ini murni dengan pertimbang­an rotasi dan recovery pemain,” kata Aji selepas pertanding­an. ”Dan saya sangat bersyukur apa yang kami lakukan berhasil mengantark­an kami meraih kemenangan, sekaligus membalas kekalahan dari Arema di putaran pertama lalu,” tambahnya.

Pesta gol Persebaya dibuka oleh gol Aryn Williams kala laga baru berumur empat menit. David da Silva menyumbang dua gol dalam hari pembalasan kemarin. Dua gol tersebut diceploska­n penyerang asal Brasil itu pada menit ke-27 dan 92’. Satu gol lainnya diciptakan Diogo Camposdi pada menit ke-78. Arema FC hanya mampu membalas lewat sebiji gol Hamka Hamzah (91’). ”Saya sangat senang karena gol-gol kami melalui proses yang baik. Sesuai dengan strategi yang kami terapkan,” papar Aji.

Empat gol Persebaya memang terlahir dari skema permainan yang tersusun apik. Bahkan, untuk dua gol yang tercipta pada babak pertama, prosesnya sama persis dengan dua gol yang dicetak ketika Persebaya mengalahka­n Bhayangkar­a FC. Gol Aryn tercipta lewat tendangan keras dari luar kotak penalti. Sama persis dengan gol yang dibuatnya waktu membuka pesta gol atas Bhayangkar­a. Demikian pula dengan gol pertama Da Silva. Gol itu hampir sama dengan gol keduanya saat laga kontra Bhayangkar­a FC.

Kemarin sore Da Silva mencetak gol pertama setelah melakukan solo run dari tengah lapangan. Dia mengelabui Arthur Cunha. Lalu, menang adu lari dengan Hamka, kemudian melesatkan tendangan keras ke gawang Arema FC. ”Kemenangan ini untuk masyarakat Surabaya. Untuk Bonek. Malam ini (tadi malam) mereka bisa tidur nyenyak dengan kemenangan ini. Kemenangan ini sekaligus menjadi modal berharga untuk menghadapi dua laga di depan. Terutama lawan Persija Jakarta,” paparnya.

Di sisi lain, pelatih Arema FC Milomir Seslija merasa timnya memang pantas kalah. Para pemain Arema FC disebutnya gagal menampilka­n permainan penuh determinas­i layaknya pertanding­an derbi. Padahal, sebelum laga, semua pemain bersepakat untuk bermain ngotot agar tidak kalah. ”Agar Aremania bahagia,” kata Milo, sapaan Milimor. ”Tapi, ternyata kami belum bisa bangkit dari kekalahan lawan PSIS (kalah 1-5) sebelumnya. Kami lamban bertahan, lamban menyerang. Organisasi permainan tidak berjalanse­bagaimanam­estinya,” kecamnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? TEROR PREDATOR: David da Silva berhasil membobol gawang Arema FC meski sempat dihadang Hamka Hamzah (bawah).
ANGGER BONDAN/JAWA POS TEROR PREDATOR: David da Silva berhasil membobol gawang Arema FC meski sempat dihadang Hamka Hamzah (bawah).
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KEBANGGAAN: Pemain Persebaya bersama Bonek dan aparat menyanyika­n lagu Song for Pride setelah laga melawan Arema kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KEBANGGAAN: Pemain Persebaya bersama Bonek dan aparat menyanyika­n lagu Song for Pride setelah laga melawan Arema kemarin.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SAYANG ANAK: Rendi Irwan memamerkan ucapan ultah buat anaknya di kaus yang dikenakan.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SAYANG ANAK: Rendi Irwan memamerkan ucapan ultah buat anaknya di kaus yang dikenakan.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUKSES REVANS: Irfan Jaya (kiri) memberi selamat Diogo Campos setelah berhasil mengoyak gawang Arema FC.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUKSES REVANS: Irfan Jaya (kiri) memberi selamat Diogo Campos setelah berhasil mengoyak gawang Arema FC.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia