Jawa Pos

Bersama-sama Lawan Diabetes

Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada

-

INDONESIA tercatat sebagai salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia. Pada 2030, diperkirak­an penderita diabetes di Indonesia menembus angka 30 juta orang. Karena itu, masyarakat perlu mendapatka­n pemahaman untuk menjalani gaya hidup sehat.

Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) berperan penting untuk mengedukas­i masyarakat tentang diabetes. Organisasi sosial diabetes tingkat nasional itu didirikan lewat Kongres Pembentuka­n Perkumpula­n Diabetes Nasional yang dilaksanak­an di Bandung, 11–12 Juli 1986. Anggotanya terdiri atas para penderita diabetes, dokter, petugas kesehatan, simpatisan, dan tenaga profesiona­l yang terkait pelayanan diabetes.

Kasie Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUD Bhakti Dharma Husada Arief Sustony menuturkan, Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada merupakan komunitas tempat berkumpuln­ya penderita diabetes, pre-diabetes, dan orang-orang yang belum terkena, tapi memiliki risiko diabetes. ”Di Persadia, mereka bisa saling berkomunik­asi, bertukar pengetahua­n, meringanka­n sakit, dan hidup tanpa rasa gelisah,” ujarnya.

Anggota Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada tidak hanya para pasien diabetes yang berobat di rumah sakit milik Pemkot Surabaya itu. Masyarakat sekitar juga bisa ikut dalam komunitas tersebut.

Komunitas yang kini anggotanya mencapai 200 orang itu memiliki serangkaia­n kegiatan rutin. Di antaranya, senam diabetes yang biasa diadakan setiap Jumat minggu ke-1 dan ke-3, penyuluhan atau seminar awam, serta pemeriksaa­n kadar gula dan tekanan darah. Pada 13 Februari lalu, Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada mengundang motivator Bagoes Sanyoto untuk memberikan motivasi kepada para anggota.

Ada pula kegiatan yang sifatnya hiburan seperti rekreasi bareng dan lomba. Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada aktif mengikuti berbagai lomba yang diadakan Pemkot Surabaya. Salah satunya adalah lomba senam diabetes seri ke-7 dua pekan mendatang. Ada empat tim yang dikirim.

Keberadaan Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada pun kini semakin dikenal. ”Kami juga melakukan sosialisas­i ke komunitask­omunitas masyarakat, seperti komunitas lansia, agar keberadaan Persadia dapat memberikan manfaat lebih luas,” terang Arief.

 ??  ?? AKTIF: Kini Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada telah memiliki sekitar 200 orang anggota.
AKTIF: Kini Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada telah memiliki sekitar 200 orang anggota.
 ??  ?? KEGIATAN RUTIN: Senam diabetes setiap Jumat minggu ke-1 dan ke-3 merupakan salah satu agenda Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada. Komunitas itu juga rajin mengikuti berbagai lomba.
KEGIATAN RUTIN: Senam diabetes setiap Jumat minggu ke-1 dan ke-3 merupakan salah satu agenda Persadia Unit RSUD Bhakti Dharma Husada. Komunitas itu juga rajin mengikuti berbagai lomba.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia