Jawa Pos

Tak Ada Alasan Melepas Vinales

-

MILAN, Jawa Pos – Memasuki musim terakhirny­a bersama Yamaha, Maverick Vinales bisa bernapas lega. Bos Yamaha Lin Jarvis kemarin buka suara soal keinginan tim pabrikan Jepang itu memperpanj­ang kontrak pembalap Spanyol tersebut untuk musim 2021 dan musim-musim selanjutny­a.

Sebelum Jarvis buka suara, banyak pihak memprediks­i kontrak Vinales yang berakhir di pengujung musim 2020 tidak akan diperpanja­ng Yamaha. Mereka meyakini pembalap tim satelit Yamaha Fabio Quartararo bakal mengambil alih posisi Vinales. Selain itu, sangat kecil peluang Yamaha memutus hubungan dengan legenda seperti Valentino Rossi.

Alhasil, keadaan yang paling memungkink­an bagi Yamaha ialah melepas Vinales. Apalagi, performa pembalap 24 tahun tersebut juga dianggap tidak terlalu istimewa selama tiga musim menunggang­i YZR-M1.

Ducati disebut-sebut sudah mendekati Vinales. Bahkan, bos Ducati Gigi Dall’Igna secara terbuka menyebut nama Vinales ada dalam radar pantauanny­a sebagai calon pembalap masa depan.

Namun, Jarvis akhirnya buka suara. Dia menyatakan bahwa tidak ada alasan bagi Yamaha untuk berpisah dengan Vinales. Apalagi, Vinales adalah penyumbang enam di antara high class. tujuh kemenangan Yamaha di kelas premier sejak 2017.

Jarvis mengakui, Vinales kurang perform pada awal musim 2019. Namun, dalam seri-seri terakhir, dia mampu membuktika­n layak mendapatka­n kursi di tim utama MotoGP. Pada musim ini, Vinales merebut tujuh podium dan dua kemenangan di GP Belanda dan Malaysia. ’’Dia satu-satunya pembalap Yamaha yang menang di dua balapan musim ini. Jadi, aku akan sangat bahagia jika dia mau bertahan di tim ini untuk musim 2021 dan selanjutny­a,’’ ucap Jarvis sebagaiman­a dilansir Motorsport. Biasanya kontrak pembalap MotoGP mengikat per dua tahun.

Performa apik Vinales musim ini tidak lepas dari orang-orang baru yang ada di belakangny­a. Misalnya, Kepala Mekanik Esteban Garcia dan

Analis Performa anyar Julian Simon. Menurut Jarvis, kehadiran keduanya perlahan berhasil mengantar Vinales menemukan kembali penampilan terbaiknya. “Vinalies sudah berjuang sangat keras untuk memperbaik­i performa buruknya di lima-enam grand prix pertama. Pergantian internal tim yang kami lakukan untuknya juga membuahkan hasil dengan baik,” ucap Jarvis.

 ?? NICK POTTS/PA VIA AP ?? KURANG LINCAH: Andy Ruiz Jr (kiri) terhuyung setelah terkena pukulan keras Anthony Joshua pada duel yang digelar di Diriyah Arena, Riyadh, kemarin.
NICK POTTS/PA VIA AP KURANG LINCAH: Andy Ruiz Jr (kiri) terhuyung setelah terkena pukulan keras Anthony Joshua pada duel yang digelar di Diriyah Arena, Riyadh, kemarin.
 ?? MOTOGP ?? DIPAGARI: Maverick Vinales segera diikat kontrak jangka panjang oleh Yamaha. Kabarnya dia diincar Ducati setelah kontraknya habis pada 2020.
MOTOGP DIPAGARI: Maverick Vinales segera diikat kontrak jangka panjang oleh Yamaha. Kabarnya dia diincar Ducati setelah kontraknya habis pada 2020.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia