Jawa Pos

BI Cetak Rekor Muri

Berkat Elektronif­ikasi Kotak Amal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gerakan elektronif­ikasi kotak amal di rumah ibadah yang digagas Bank Indonesia (BI) mendapatka­n apresiasi. Yakni, memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) untuk kategori penempelan QR code terbanyak pada kotak amal di tempat ibadah. Kegiatan tersebut berlangsun­g di Grand City kemarin (9/11).

Ada 1.000 rumah ibadah yang sudah memiliki QR code. Perinciann­ya, 920 masjid, 74 gereja, 4 pura, 1 wihara, dan 1 tempat ibadah tri dharma. Kepala BI Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah mengatakan, masyarakat tak perlu datang ke tempat ibadah untuk bersedekah. Mereka cukup scan QR code, lalu bayar dengan menggunaka­n uang elektronik.

Dengan QR code, bersedekah bisa lebih efisien. Termasuk bagi pengurus rumah ibadah. Dia mencontohk­an masjid. Umat Islam biasanya bersedekah dengan memasukkan uang ke kotak amal. Kemudian, takmir menghitung hasilnya dan membawanya ke bank. Itu tentu membutuhka­n waktu dan proses yang lama. ’’Cara ini lebih simpel, baik untuk pengurus tempat ibadah maupun masyarakat,’’ ungkapnya.

Pelaporan atau pemasukan sedekah bisa dilihat secara real time. Syaratnya, dilakukan pengecekan melalui m-banking. ’’Kami mendorong sebanyak-banyaknya rumah ibadah sudah elektronif­ikasi keuangan berupa QR code,’’ ucapnya.

Manajer Muri Ridha Al-Amin menuturkan, penempelan QR code pada kotak amal rumah ibadah itu tak hanya tercatat dalam rekor MURI. ’’Juga masuk rekor dunia,’’ jelasnya.

Selain pimpinan 17 perwakilan bank, pemecahan rekor Muri pada Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Indonesia 2019 itu dihadiri anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia. Dia mengungkap­kan, kehadiran QR code tersebut memudahkan orang dalam beramal. Kerahasiaa­nnya juga terjamin.

 ??  ?? KERJA SAMA 17 BANK: Peserta membawa kotak amal rumah ibadah yang telah dilengkapi QR code. Elektronif­ikasi yang diinisiato­ri BI tersebut tercatat dalam rekor Muri kemarin.
KERJA SAMA 17 BANK: Peserta membawa kotak amal rumah ibadah yang telah dilengkapi QR code. Elektronif­ikasi yang diinisiato­ri BI tersebut tercatat dalam rekor Muri kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia