Jawa Pos

Dukung tanpa Kenakan Atribut

Persebaya Balik ke Hotel Pakai Rantis

-

’’YA, inilah Bonek. Walau dilarang, kami tahu mereka pasti tetap datang,’’ kata kapten Persebaya Ruben Sanadi. Ucapan Ruben itu merujuk kehadiran sejumlah pendukung Persebaya di Stadion Pakansari kemarin. Ratusan Bonek terlihat di tribun barat sebelah tribun VIP. Mereka mendukung tanpa memperliha­tkan atribut berbau Persebaya. Bonek hanya menyanyika­n chant-chant Persebaya.

Kehadiran Bonek mendapat sambutan hangat pendukung tuan rumah. Saling balas chant terlihat. Bahkan, Kabo Mania yang berada di tribun selatan sempat menyanyika­n chant dari Persebaya ketika Green Force tertinggal.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menilai, kehadiran Bonek memang memompa motivasi anak asuhnya. Dia berharap tidak ada hukuman tambahan karena Bonek datang juga tanpa atribut. ’’Kalau hadirnya mereka yang tanpa atribut menambah hukuman ke kami, itu tidak fair. Tim sudah melarang, tetapi mereka tetap datang. Bukan salah manajemen, Bonek memang tidak bisa dilarang,’’ beber Aji.

Apa yang dilakukan Bonek sebenarnya tidak melanggar regulasi. Sebelum pertanding­an, Media and Relation Manager PT LIB Hanif Marjuni memberikan pernyataan bahwa Bonek bisa masuk stadion asal tanpa atribut.

Secara umum, laga kemarin berjalan aman dan tertib. Meski demikian, rombongan Persebaya harus balik ke hotel dengan menumpang rantis. Media Officer Tira Persikabo Nandang Permana mengungkap­kan, apa yang dilakukan manajemen timnya merupakan sebuah perlindung­an untuk Persebaya. Pihaknya tidak mau peristiwa yang dialami Persib Bandung ketika busnya dilempar oknum suporter menimpa Persebaya. ’’Apalagi, semalam sebelum pertanding­an, ada sedikit kerusuhan antara Bonek dengan The Jak di Bogor. Jadi, kami tidak mau ada hal-hal buruk terjadi. Kami antisipasi,’’ jelas Nandang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia