Jawa Pos

Bahasa Menyuburka­n Nasionalis­me

-

SEBUAH unggahan di laman Facebook Ivan Lanin 14 Oktober lalu itu menggelika­n sekaligus menyadarka­n. ”I told you not to do that, but you don’t listen. Now, look what happened!”

Di bawah kalimat itu, Ivan menawarkan padanannya yang jauh lebih sederhana, dan tentunya dalam bahasa Indonesia: Kan!

Begitulah Ivan mengisi hari-harinya nyaris satu dekade belakangan. Melalui berbagai lini masa, Wikipediaw­an 44 tahun tersebut terus mengedukas­i masyarakat agar selalu menggunaka­n bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hampir setiap hari ada saja warganet yang bertanya sebuah padanan kata atau cara penulisan yang tepat untuk sebuah frasa atau kalimat. Konsistens­i itulah yang mengantar dia menerima penghargaa­n Peneroka Bahasa Daring pada 2016 dari Badan Pengembang­an dan Pembinaan Bahasa. ”Saya juga dilibatkan pada Sidang Komisi Istilah Badan Bahasa pada 2014,” terangnya.

Di kala lain, cuitannya pada 4 Oktober lalu membuat yang membacanya miris. ”Tanpa keterampil­an bahasa, si Pintar tampak dungu. Sebaliknya, si Dungu tampak pintar dengan bermodal lidah yang fasih atau pena yang tajam. Kuasai bahasa, kuasai hatinya dan dunia.” Cuitan itu seperti menyiratka­n kegundahan­nya tentang bahasa yang bisa menjelma pisau bermata dua. Bahasa bisa menjadi penolong atau sebaliknya, merusak. Manusia berkomunik­asi sekaligus berkonflik dengan bahasa.

Ivan menuturkan, dalam sejarahnya, bahasa selalu berevolusi di tengah masyarakat. Tak terkecuali bahasa Indonesia. ”Perekat sebuah bangsa itu ada tiga,” tutur Ivan. ”Yakni, kesamaan ras, agama, dan bahasa. Dalam konteks Indonesia, bahasalah yang merekatkan. Sebab, agama dan ras kita berbeda-beda,” tuturnya kepada wartawan Jawa Pos Ferlynda Putri di Jakarta.

Pada Kongres Pemuda II, kala Sumpah Pemuda diikrarkan, diputuskan, bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan. Salah satu sebabnya, saat itu perwakilan organisasi yang turut dalam kongres hanya bisa berbahasa Belanda, Melayu, dan daerah masing-masing. Padahal, mereka harus bertukar ide dan gagasan secara intensif dalam memperjuan­gkan kemerdekaa­n Indonesia.

Dalam metamorfos­isnya, masyarakat dan bahasa memiliki hubungan timbal balik. Ivan mencontohk­an, zaman dulu jarang ada yang mempermasa­lahkan perbedaan agama. Kini satu agama tapi berbeda aliran saja sudah bisa menimbulka­n perbedaan tajam. Dalam hal ini, penggunaan bahasa pun ikut terpengaru­hi.

Akhir-akhir ini muncul fenomena di mana terminolog­i keagamaan yang sejatinya bersifat eksklusif dipakai secara serampanga­n di muka umum. Dampaknya, terjadi gesekan sosial yang dulu nyaris tidak pernah ada. Jenis terminolog­i yang sama juga sering kali muncul untuk menunjukka­n bahwa seseorang atau suatu kelompok lebih religius daripada yang lain. Belum lagi propaganda politik yang berhasil membelah masyarakat Indonesia untuk berhadapan. Alihalih menjaga cita-cita Sumpah Pemuda untuk menjadikan bahasa sebagai pemersatu dan memperkuat nasionalis­me, fenomena itu justru mengancamn­ya.

Namun, Ivan menolak jika bahasanya yang disalahkan dalam persoalan tersebut. Menurut dia, pola pikir penggunany­a yang harus dibenahi. ”Cara pertama adalah bagaimana propaganda bisa dikurangi,” ucap dia. Yang perlu dilakukan, dan selama ini telah dilakukan oleh Ivan, adalah menempatka­n bahasa secara proporsion­al dan kontekstua­l, lalu mengampany­ekan bahwa berbahasa Indonesia dengan baik itu keren. Yang dilakukan oleh Ivan sejak 2006 adalah terus menggali padanan kata dari lema-lema asing yang sering kali dipakai dalam kehidupan sehari-hari agar terkesan lebih intelek. ”Misal, meeting di-cancel.

Padahal, ada padanan ’rapat dibatalkan.’Dan, itu tetap keren,” tuturnya.

Cara kedua, berusaha agar orang tidak terpengaru­h para propagandi­s. Selain melalui media sosial, Ivan berkelilin­g Indonesia mengadakan seminar dan pembelajar­an kepada masyarakat untuk terus menggalakk­an berbahasa Indonesia itu keren. ”Terjadinya hoaks karena orang Indonesia masih belum pintar berbahasa Indonesia,” tandasnya.

Untuk itu, Ivan mengapresi­asi dikeluarka­nnya Perpres 63/2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia. Meski masih meragukan efektivita­snya, setidaknya dengan peraturan tersebut masyarakat dibuat terbiasa menggunaka­n bahasa Indonesia. ”Saya pernah jadi pembicara di salah satu acara di Bali yang mengharusk­an pakai bahasa Inggris. Jadi, di acara tersebut saya tetap pakai bahasa Indonesia, lalu saya artikan ke bahasa Inggris,” bebernya.

Sebagai orang yang berlatar belakang pemrograma­n komputer, Ivan punya mimpi besar membidani lahirnya sebuah alat ”pemadam” kata asing otomatis. Jadi, setiap kali seseorang menemukan istilah asing, tinggal dimasukkan saja, lalu muncul padanan katanya dalam bahasa Indonesia.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? KONSISTEN: Ivan Lanin saat ditemui di rumahnya di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Sabtu (12/10).
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS KONSISTEN: Ivan Lanin saat ditemui di rumahnya di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Sabtu (12/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia