Jawa Pos

Senang Dikirimi Foto Before-After dari Viewer

-

15, Elaine tidak sebatas mempraktik­kan atau mencontohk­an berbagai olahraga mandiri di rumah. Namun, dia juga mulai memberikan banyak pengetahua­n mengenai diet sehat. Misalnya, membakar kalori yang benar.

Dia ingin membantu para pemula diet untuk memulai perjalanan mengurangi berat badan lewat cara yang tidak

Karena itu, dia selalu mencantumk­an sumber materi yang dibacanya dari jurnal ilmiah atau buku kesehatan yang sudah terpublika­si. Pengetahua­n mengenai asupan yang harus dikonsumsi atau sebaiknya malah dihindari itu 100 persen berangkat dari bahan literasi. Bukan dari pengalaman pribadi dalam menjalani diet.

”Kalau ngajari diet dari pengalaman pribadi, enggak bisa ditiru sama semua orang. Karena tinggi dan berat badan masing-masing orang itu beda. Maka, cara diet pun enggak bisa ditiru sama persis,” imbuhnya. Dia pun mengajari diet dengan perlahan. Tujuannya, orang tidak kaget dengan perubahan yang ekstrem.

Elaine juga menegaskan bahwa dirinya tidak pernah menyaranka­n diet kekinian yang tidak ada jurnalnya. Misalnya, diet ala artis idola K-pop yang menjanjika­n turun berat badan drastis. ”Tapi, endingnya nanti bisa enggak baik karena salah asupan. Jantung bisa mengecil. Tulang jadi keropos hanya karena diet yang salah,” tegasnya.

Elaine pun merasa punya kepuasan tersendiri saat berbagi sesuatu yang sehat dan baik. Apalagi saat banyak orang yang mengirimin­ya foto before-after. Misalnya, pekan lalu ada seseorang yang mengucapka­n terima kasih. Berkat video Elaine, orang tersebut mampu menurunkan berat badan dari 75 kilogram menjadi 59 kilogram. Ditambah bonus penyakit migrain dan vertigo yang ikut lenyap.

Elaine mengaku akan terus konsisten pada jalan yang sudah dimulainya. Perempuan 28 tahun itu juga tidak menyelipka­n satu pun endorse produk pada setiap videonya. Sebab, dia tidak ingin terjebak pada jualan produk. ”Aku punya sesuatu yang ingin di-share, tapi aku enggak punya power. Makanya aku bikin akun YouTube. Speak the truth aja, simple as that,” ujar perempuan yang juga mengajar dance kontempore­r itu.

Akhir-akhir ini, Elaine juga membuat beberapa video untuk membantu membangun mental dan mindset perempuan tentang kecantikan. ”Mental health itu perlu dibangun. Seperti buncit itu bukan jelek, tapi enggak sehat. Jangan body shaming sama diri sendiri,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia