Jawa Pos

BALDE SEGERA ANGKAT KOPER

Hari Ini Wolfgang Pikal Bertemu Bejo

-

SURABAYA, Jawa Pos – Amido Balde memilih tetap di pinggir lapangan Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin pagi. Padahal, seluruh skuad Persebaya Surabaya sudah berada di tengah lapangan untuk berlatih.

Pemain 27 tahun itu tampak ogah berlatih. Namun, setelah dirayu, Balde akhirnya mengenakan jersey

latihan dan bergabung dengan pemain-pemain lain di lapangan. Meski agak telat, striker asal Guinea-Bissau itu mengikuti seluruh sesi latihan hingga tuntas.

Dengan kondisi itu, kemungkina­n Balde terdepak sangatlah besar. Apalagi, Green Force –julukan Persebaya– sudah memiliki David da Silva. Striker asal Brasil tersebut juga siap diturunkan dalam laga kontra Bhayangkar­a FC Sabtu (31/8).

Hal itu dibenarkan sang agen, Amogou Mathieu. ’’Sudah ada tawaran dari tim lain di Liga 1 untuk Balde,’’ katanya saat dihubungi Jawa Pos.

Saat ini Mathieu sudah berada di Surabaya. Dia akan merampungk­an proses berpisahny­a Balde dengan manajemen Persebaya. Saat dimintai konfirmasi, Manajer Persebaya Candra Wahyudi enggan berkomenta­r. ’’No comment,’’ ujarnya singkat.

Kepergian Balde bisa terjadi dalam waktu dekat. Sebab, Persebaya baru mendatangk­an gelandang asal Australia Aryn Williams. Pemain 25 tahun itu sudah bergabung dalam latihan kemarin. Dengan kedatangan Williams, Persebaya memiliki enam pemain asing.

Selain Williams, ada Balde, David da Silva, Damian Lizio, Manuchekhr Dzhalilov, dan Otavio Dutra. Nama terakhir memang sudah menjalani proses naturalisa­si, tapi hingga saat ini belum tuntas. Praktis, harus ada pemain asing yang terdepak di putaran kedua. Sebab, hanya ada empat slot untuk pemain asing.

Soal pencoretan pemain, pelatih karteker Persebaya Bejo Sugiantoro memilih kalem. ’’Pemain datang dan pergi itu bukan kewenangan saya. Itu kewenangan Coach (Alfred) Riedl dan manajemen,’’ ungkap pelatih 42 tahun itu. Sayang, hingga saat ini Bejo belum melakukan komunikasi dengan Riedl.

Sementara itu, tadi malam manajemen merilis telah menjalin kontrak dengan Wolfgang Pikal sebagai asisten pelatih Alfred Riedl. ”Saya sangat bangga bisa bergabung dengan Persebaya,” kata Pikal setelah menandatan­gani kontrak di kantor marketing Persebaya sebagaiman­a dilansir situs resmi klub. Hari ini Pikal dan Bejo Sugiantoro akan bertemu. ’’Ada beberapa hal yang akan kami bahas. Bejo adalah sosok yang paling mengerti Persebaya saat ini,” ungkapnya.

Saat ini skuad berfokus pada persiapan menghadapi Bhayangkar­a FC (31/8). Selain Da Silva, Green Force sangat mungkin diperkuat pemain anyarnya, Williams. Namun, Bejo belum bisa menggarans­i apakah Williams diturunkan atau tidak.

’’Ini baru satu kali latihan. Tetapi, kalau dari skill dan penempatan posisi, dia cukup punya potensi ,’ tambah ayah bek Rachmat Irianto itu.

Williams mengaku kondisinya cukup oke. Meski begitu, dia merasa masih butuh waktu untuk bisa nyetel dengan cuaca Surabaya. Menurut dia, cuaca di Surabaya cukup panas. ’’Sangat berbeda dengan di Australia. Mungkin saya butuh satu pekan untuk menyesuaik­an diri dengan cuaca yang sangat panas ini,’’ kata Williams saat ditemui seusai latihan.

Meski begitu, dia merasa tak ada kendala soal taktik. Dia bahkan merasa nyaman dengan rekanrekan barunya di Persebaya. ’’Mereka sangat ramah,’’ ujarnya.

Williams juga berharap bisa segera tampil di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebab, dia tahu, atmosfer Bonek sangat luar biasa. ’’Saya lihat di YouTube soal Bonek. Merekalah salah satu alasan saya bergabung dengan Persebaya,’’ imbuhnya.

 ??  ??
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? ENJOY: Aryn Williams menjalani latihan perdananya bersama Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin pagi.
DITE SURENDRA/JAWA POS ENJOY: Aryn Williams menjalani latihan perdananya bersama Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, kemarin pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia