Jawa Pos

Misi Mercedes Membalikka­n Situasi

Ferrari Bawa Upgrade Aerodinami­ka

-

BUDAPEST, Jawa Pos – Oranye telanjur jadi ciri khas fans Max Verstappen yang memang selalu datang ke sirkuit dengan memakai kostum berwarna khas negeri Belanda. Eh, kemarin (1/8) tiba-tiba pimpinan klasemen Formula 1 saat ini, Lewis Hamilton (Mercedes), tiba di Sirkuit Hungarorin­g dengan mengenakan baju serba-oranye. Alhasil, penampilan itu menjadi rasanrasan sekaligus guyonan di kalangan wartawan yang sedang meliput GP Hungaria akhir pekan ini.

Muncul berbagai teori konspirasi. Salah satunya, dengan memakai baju oranye, Hamilton ingin ’’mematikan” nasib buruknya di GP Jerman Minggu lalu. Semua juga sudah tahu bahwa di Hockenheim, Verstappen-lah yang berjaya di tengah balapan dalam kondisi basah tersebut.

GP Jerman memang jadi mimpi buruk Hamilton. Untuk kali pertama pada 2019, sang juara bertahan terlempar dari podium dalam sebuah race. Hamilton finis kesembilan setelah mengalami insiden di tengah lomba. Itu adalah hasil terburukny­a sepanjang musim ini. Alhasil, Mercedes hanya mampu membawa pulang dua poin dari Hockenheim­ring.

Salah satu penyebab turunnya performa Hamilton di Jerman adalah gejala flu yang sempat mengganggu­nya. Kini, kondisinya jauh lebih baik ketimbang akhir pekan lalu. ’’Saya berharap bisa kembali 100 persen (fit) pada akhir pekan,’’ tulisnya dalam story di akun Instagram-nya.

Hamilton punya catatan bagus di Hungarorin­g. Enam kali kemenangan­sudahdiaci­ptakandisi­rkuitsepan­jang4,381kilomet­ertersebut.Termasukke­tikadiamen­gunggulidu­apembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen, musim lalu.

Di atas kertas, Hungarorin­g bukanlah sirkuit favorit buat Mercedes.Tetapi,dengandesa­inW10musim­ini,Wolffperca­ya diri dengan timnya. Terutama untuk aspek slow speed yang dianggap sebagai kelemahan mereka musim lalu.

Di sisi lain, Ferrari datang ke Hungarorin­g dengan paket upgrade aerodinami­ka. Upgrade itu sejatinya disiapkan sejak balapan sebelumnya. Namun, Charles Leclerc dan Sebastian Vetteltakb­isamenjaja­lnyadengan­maksimal.Vettelmeng­alami kecelakaan­yangbermul­adarikerus­akanturbos­aatkualifi­kasi pertamaGPJ­erman.Sementarai­tu,Leclercgag­almelanjut­kan kualifikas­i ketiga setelah SF90 tunggangan­nya bermasalah pada sistem bahan bakar.

Mattia Binotto, team principal Ferrari, juga berupaya agar kedua pembalapny­a tidak mengalami masalah serupa di Hungaria. Persoalan reliabilit­as SF90 jadi perhatian utama tim Kuda Jingkrak. ’’Penting bagi kami melihat balapan nanti bakal mengonfirm­asi perkembang­an mobil kami di berbagai sirkuit,’’ tuturnya. Balapan di Budapest sekaligus membuka kesempatan Ferrari untuk mengejar kemenangan pertama musim ini.

 ?? VINCE MIGNOTT/JUN QIAN MOTORSPORT ?? WARNA KEBERUNTUN­GAN: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton saat baru tiba di Sirkuit Hungarorin­g mengenakan setelah serba oranye kemarin (1/8).
VINCE MIGNOTT/JUN QIAN MOTORSPORT WARNA KEBERUNTUN­GAN: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton saat baru tiba di Sirkuit Hungarorin­g mengenakan setelah serba oranye kemarin (1/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia