Jawa Pos

Keuangan Syariah Dukung Pembanguna­n Berkelanju­tan

-

SURABAYA – Tujuan pembanguna­n berkelanju­tan atau sustainabl­e developmen­t goals (SDGs) bakal tercapai lewat perpaduan keuangan syariah dan investasi yang pas. Dua komponen itu saling melengkapi. Maka, hanya mengandalk­an salah satu di antaranya tidak akan cukup. Keuangan syariah atau impact investing saja tidak akan bisa mewujudkan SDGs.

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menegaskan bahwa keuangan syariah harus sejalan dengan investasi. ’’Keuangan syariah punya peran besar dalam memberikan dampak investasi,’’ terangnya dalam pembukaan 4th Annual Islamic Finance Conference (AIFC) di Surabaya kemarin (24/7). Kali ini tema konferensi adalah Blending Islamic Finance and Impact Investing for SDGs.

Mardiasmo menyatakan, salah satu upaya pemerintah dalam mencapai tujuan SDGs adalah bekerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruk­tur (SMI). Kementeria­n Keuangan dan SMI menciptaka­n platform SDG Indonesia One. Modalnya adalah dana publik dan privat. Melalui SDG Indonesia One, dana itu disalurkan ke proyek-proyek infrastruk­tur yang berkaitan dengan SDGs.

Proyek-proyek yang dimaksud itu, antara lain, pembanguna­n 727 kilometer jalur kereta double-track di beberapa lokasi, pengelolaa­n sampah untuk 3,4 juta rumah tangga, dan 121 pembangkit listrik mini tenaga surya. ’’Pemerintah juga mengeluark­an green sukuk. Yakni, investasi untuk lingkungan hidup,’’ tutur Mardiasmo.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menuturkan, Jatim akan memiliki Indonesia Islamic Science Park (IISP). Nanti, IISP menjadi pusat pertumbuha­n ekonomi baru di Jatim, khususnya Madura. ’’Juga, menjadi pusat destinasi wisata halal atau syariah yang bertaraf internasio­nal,’’ harapnya.

Untuk mendukung IISP, Jatim perlu mempercepa­t pembanguna­n infrastruk­tur pendukung. Yakni, pelabuhan Tanjung Bulupandan di Bangkalan, Madura, dan jalan tol menuju pelabuhan. ’’Ini terintegra­si dengan pengembang­an kawasan kaki jembatan Suramadu oleh BPWS (Badan Pengembang­an Wilayah Surabaya-Madura),’’ paparnya.

Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Christophe Bahuet menegaskan bahwa target untuk mewujudkan SDGs pada 2030 perlu dukungan pembiayaan. Maka, diperlukan konvergens­i pembiayaan syariah dan impact investment.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia