Jawa Pos

Usulkan Lahan Aset Jadi Sentra Kuliner

Wadahi PKL yang Digusur

-

SURABAYA – Banyak cara untuk bisa menumbuhka­n geliat ekonomi warga. Salah satunya adalah melalui sentra wisata kuliner (SWK). Kecamatan Lakarsantr­i mengusulka­n adanya pembuatan SWK di tanah aset pemkot di area strategis Jalan Bangkingan.

Usulan pembuatan SWK itu sudah lama digulirkan pihak kecamatan. Selain untuk meningkatk­an perekonomi­an warga, keberadaan tempat kuliner tersebut dapat menampung pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya digusur petugas. ”Mereka dulu jualan di sepadan jalan,” kata Camat Lakarsantr­i Harun Ismail kemarin (30/5).

Harun menuturkan, dengan adanya SWK nanti, para PKL yang dulu digusur dan beridentit­as Surabaya bisa menempati lokasi tersebut. Dia menambahka­n, saat ini rencana tersebut masih dalam pembahasan dengan dinas cipta karya mengingat pembanguna­nnya di bawah naungan dinas tersebut. Sementara itu, pengelolaa­nnya akan diserahkan kepada dinas koperasi dan UMKM.

Mengenai kapan dimulai rencana pembanguna­n itu, pihaknya belum bisa memastikan. Dia berharap pengerjaan area kuliner tersebut bisa dikerjakan tahun ini agar bisa segera dimanfaatk­an warga.

Harun menjelaska­n, lokasi yang direncanak­an dibangun SWK itu berada di Jalan Raya Bangkingan– Gresik. Tepatnya di depan Asrama Polisi Bangkingan. Menurut dia, saat ini wilayah tersebut memang sepi saat malam. Namun, sebetulnya tempat tersebut sangat strategis. Pasalnya, wilayah itu adalah akses utama ke wilayah Gresik bagian selatan. ”Saya memprediks­i ketika SWK itu sudah jadi dan difungsika­n, pasti ramai. Jalan akan terang dan bikin masyarakat aman. Berbeda dengan sekarang yang masih kurang lampu kalau malam,” ujarnya. Namun, yang paling penting adalah meningkatk­an perekonomi­an warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia